This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Tamamul Wafa, Wafa (2019) تطبيق المنهج الدراسي لتعليم النحو في المدرسة العالية: دراسة مقارنة تقويمية بين معهد دار النجاة العصري بومي أيو بربس ومعهد منبع الصالحين سوتشي كرسيك. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Tamamul Wafa_F02617211.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab untuk non Arab di pondok pesantren modern di Indonesia mengalami perkembangan, seperti Pondok Pesantren Modern Darunnajat Bumiayu Brebes dan Pondok Pesantren Mambausholihin Suci Gresik. Keduanya menggunakan metode modern dalam pembelajarannya, dan hasilnya hampir sama. Contohnya keduanya, siswa-siswa memperoleh juara pada kompetisi antar pondok pesantren, dan sama-sama mengutamakan muhadatsah Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Metode dialog dan hafalan dalam bidang muhadatsah di Pondok Pesantren Mambausholihin Suci Gresik sebagaimana metode dialog, debat dan hafalan di Pondok Pesantren Darunnajat Bumiayu Brebes. Peneliti ingin membandingkan kurikulum pembelajaran Bahasa Arab antara 2 Pondok Pesantren tersebut perspektif Jack Richard, karena dia salah satu tokoh linguistik terapan pada zaman modern ini, menyusun buku-buku, makalah dalam pembelajaran Bahasa Inggris, praktisi Bahasa, guru serta pengembang kurikulum dan silabus. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perbandingan kurikulum pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darunnajat Bumiayu Brebes dan Pondok Pesantren Mambausholihin Suci Gresik, dengan perincian sebagai berikut: (1) Bagaimana perbandingan evaluatif antara 2 Pondok Pesantren tersebut pada analisis kebutuhan menurut Jack Richard, (2) Bagaimana perbandingan evaluatif antara 2 Pondok Pesantren tersebut pada rancangan tujuan menurut Jack Richard?, (3) Bagaimana perbandingan evaluatif antara 2 Pondok Pesantren tersebut pada rancangan siklus pembelajaran menurut Jack Richard?. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbandingan implementasi kurikulum pembelajaran Bahasa Arab di 2 pondok pesantren yakni Pondok Pesantren Darunnajat Bumiayu Brebes dan Pondok Pesantren Mambausholihin Suci Gresik. Adapun tujuan yang terperinci adalah: (1) Mengetahui perbandingan evaluatif antara keduanya dalam analisis kebutuhan menurut Jack Richards,) (2) Mengetahui perbandingan evaluatif antara keduanya dalam rancangan tujuan pembelajaran menurut Jack Richard, (3) Mengetahui perbandingan evaluatif antara keduanya dalam rancangan siklus pembelajaran menurut Jack Richard.Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber primer dalam penelitian ini adalah kepala MA Darunnajat Bumiayu Brebes, siswa-siswa kelas 10 “A“, guru-guru Bahasa Arab, dan karyawan MA yang bersangkutan dengan penelitian ini. Adapun sumber primer dalam penelitian ini adalah kepala MA Mambausholihin Suci Gresik, siswa-siswa kelas 10 “A“, guru-guru Bahasa Arab, dan karyawan MA yang bersangkutan dengan penelitian ini. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah analisis kebutuhan pada 2 pondok pesantren tersebut hampir serupa, karena keduanya dalam pembelajaran Bahasa Arab menggunakan kitab turats sebagaimana tujuan pembelajaran umum pada 2 pondok pesantren tersebut hampir sama juga. Tujuan pembelajaran nahwu pada 2 pondok pesantren sama. Adapun metode pembelajaran nahwu pada 2 pondok pesantren tersebut hampir sama. Metode evaluasi yang digunakan pada 2 pondok pesantren tersebut sama.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Kurikulum | ||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Wafa Tamamul | ||||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2019 08:33 | ||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2019 08:33 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35874 |
Actions (login required)
View Item |