This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Yahkin, Achmad Ainul (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL IPUNG KARYA PRIE GS. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (326kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu sarana terpenting dalam usaha pembangunan sumber daya manusia dan penanaman nilai-nilai kemanusiaan, yang pada gilirannya akan menciptakan suasana dan tatanan kehidupan masyarakat yang beradab dan berperadaban. Dalam sejarah peradaban manusia, lebih khusus lagi sejarah umat Islam, pendidikan merupakan salah satu bahan dasar penanaman nilai-nilai akhlak dan moral.Proses penanaman nilai-nilai akhlak tidak hanya melalui pendidikan formal atau pun non formal. Namun seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidikan mengalami pergeseran paradigma yang selama ini terbatas di kelas dan sekolah namun saat ini, bisa juga terjadi di luar kelas yang menembus sekat-sekat tembok pemisah dengan melalui media pendidikan lain, baik media massa, cetak maupun elektronik.Oleh sebab itu dalam pelaksanaan proses pendidikan saat ini, diperlukan strategi-strategi, media, metode pmeblelajaran yang lain guna meningkatkan semangat dan kualitas belajar peserta didik dalam memahami pendidikan akhlak. Adapun yang menjadi fokus penelitian iniadalah pengembangan media pembelajaran dalam ranah pendidikan akhlak. Sehingga skripsi ini dibuat dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Apa sajakah unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Ipung karya Prie GS? (2)Apa sajakahkah nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel IPUNG karya Prie GS?
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode “Library Research”. Yaitu penelitian yang didasarkan pada studi literatur (pustaka). Sedangkan teknik yang digunaka adalah teknik analisis isi dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Ta primer dalam penelitian ini adalah novel Ipung karya Prie GS dan buku-buku sekundernya berupa buku tentang sastra, penilaian sastra, pendidikan Islam, pendidikan akhlak dan buku bertema lain yang relevan dengan obyek yang dikaji. Dari hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan (1) Unsur intrinsik dalam novel Ipung meliputi: Tema, Latar, Alur, Penokohan, Amanat, Sudut Pandang dan Gaya Bahasa. (2) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak mencakup akhlakul mahmudah dan madzmumah dengan kategorisasi masing-masing. Dalam pembahasan skripsi ini, tentu masih sangat jauh dari kata sempurna. Maka dari itu sangat diharapkan kepada peneliti-peneliti yang akan datang untuk mengadakan penelitian sejenis ini dengan pembahasan yang lebih fokus, mendalam dan sempurna
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Ali Mas'ud | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Akhlak Pendidikan |
||||||
Keywords: | Unsur Intrinsik Novel; Nilai-nilai Pendidikan Akhlak | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Users 283 not found. | ||||||
Date Deposited: | 19 Jan 2016 06:51 | ||||||
Last Modified: | 19 Jan 2016 06:51 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3592 |
Actions (login required)
View Item |