This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mufidah, Husnul (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT AL-HUMAZAH MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III MI SUNAN AMPEL KESAMBI PORONG SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (122kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan data observasi yang diperoleh di MI Sunan Ampel Kesambi, peneliti menemukan bahwa kemampuan siswa menghafal surat- surat pendek dalam pelajaran Al- Qur’an hadist masih rendah. Metode pembelajaran yang digunakan tentu mempunyai peran besar dalam hal ini. Adanya anggapan bahwa Al-Qur‟an Hadits hanyalah pelajaran yang sekedar dibaca dan tidak harus dihafalkan maupun dipahami, dan pelajaran ini tidak termasuk salah satu pelajaran yang menentukan saat akhir sekolah yang membuat peserta didik menjadi statis dan kurang berprestasi.
Penelitian ini adalah sebuah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalahnya adalah 1. Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan menghafal surat Al- Humazah pada pelajaran Qur’an Hadist siswa kelas III MI Sunan Ampel Kesambi? 2. Apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan menghafal surat Al Humazah pada pelajaran Qur’an Hadist siswa kelas III MI Sunan Ampel Kesambi? Batasan penelitian ini adalah meningkatakn kemampuan menghafal surat Al-Humazah pelajaran Al-Qur’an hadist pada siswa kelas 3 MI Sunan Ampel Kesambi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dimana perbedaan antara siklus 1 dan siklus 2 adalah cara penyampaian metode demonstrasi pada siswa. Pada siklus 1, guru menunjukkan flashcard yang berisi penggalan tiap ayat dari surat Al-Humazah secara berurutan dan meminta siswa untuk membacanya bersama-sama. Setelah kegiatan itu diulang 3 kali, Guru membagikan lembar soal yang berupa ayat-ayat dari surat Al-Humazah yang terdapat penggalan kata yang kososng dan meminta siswa untuk mengisinya dengan jawaban yang benar. Di siklus 2 guru menunjukkan flashcard lain yang berisi penggalan kata awal dari tiap ayat surat Al-Humazah dan meminta para siswa untuk mebaca keseluruhan ayatnya. Peneliti memfokuskan perbedaan kata awal dari ayat ke- 2 dan ke- 7 di mana peneliti memberikan penanda berupa warna yang berbeda untuk memudahkan siswa menghafal lanjutan dari ayat tersebut.
Pada pre test nilai prosentase siswa yang mencapai KKM adalah 59,4%. Setelah post-test di siklus 1 terdapat peningkatan sebanyak 8,1 % menjadi 67,5%. Pada post-test siklus 2 nilai prosentasi meningkat sebanyak 19% menjadi 86,5%. Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan dari pre-test dan selama post-test siklus 1 dan siklus 2 dilakukan. Dari hasil pre-test nilai rata-rata kelas adalah 72 meningkat menjadi 75 pada post-test siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 80,4 pada post-test siklus 2.
Berdasarkan hasil pemaparan data di atas, peningkatan nilai rata-rata kelas dan prosentase pencapaian KKM, menunjukkan bahwa Metode Demonstrasi terbukti berhasil dalam meningkatkan kemampuan menghafal siswa dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Sulthon Mas'ud | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem |
||||||
Keywords: | kemampuan menghafal surat Al-Humazah; Metode Demonstrasi. | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 19 Jan 2016 06:58 | ||||||
Last Modified: | 19 Jan 2016 06:58 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3596 |
Actions (login required)
View Item |