PENGGUNAAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERPUJI SISWA KELAS III MI AL-HIDAYAH KEBRAON SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salamah, Husnus (2015) PENGGUNAAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERPUJI SISWA KELAS III MI AL-HIDAYAH KEBRAON SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya. Belajar dengan model pembelajaran aktif dapat membuat siswa mudah memahami materi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan melakukan aktifitas belajar menggunakan model pembelajaran aktif salah satunya pembelajaran konstektual khususnya pada pembelajaran Aqidah Akhlak, guru dapat menggali kemampuan siswa untuk membentuk konsep-konsep kearah pemahaman yang lebih baik. Saat terjadi pembentukan konsep, siswa memerlukan benda konkret dalam prosesnya sehingga dapat mempelajari serta menerapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam pembelajaran tersebut.
Pembahasan masalah mendalam pada penelitian tindakan kelas ini adalah: (1)Bagaimana Pelaksanaan Contextual Teaching and Learning (CTL)pada siswa kelas III MI Al-Hidayah pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak? (2) Apakah Penggunaan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil Belajar siswa kelas III MI Al-Hidayah pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak?. Tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran di kelas III MI Al-Hidayah pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak pada Materi Akhlak Terpuji kepada Orang Tua (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar Aqidah Akhlak siswa kelas III MI Al-Hidayah Kebraon Surabaya sesudah diterapkannya Metode Contextual Taeching and Learning (CTL).
Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pada pendekatan kualitatif peneliti mengambil data dengan cara pengamatan. Pengamatan dilakukan oleh peneliti dengan wawancara pada beberapa siswa dan guru kelas III dan lembar observasi siswa dan guru. Pada pendekatan kuantitatif peneliti mengambil data menggunakan angka dari hasil tes tulis, lembar kerja siswa dan observasi tersruktur. Penelitian ini terlaksana dalam dua siklus, data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa yang diperoleh dalam pemberian soal tes pada akhir siklus, kemampuan guru dan siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi hasil penelitian diakhir siklus ini menunjukkan bahwa hasil belajar mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil belajar yang mencapai ketuntasan sebesar 40,74% menjadi 81,48% . Hasil pengamatan aktivitas siswa dengan menggunakan pembelajaran konstektual mengalami peningkatan dari 67,5% menjadi 90%. Pada observasi guru juga mengalami peningkatan dari 67,5% menjadi 91,7%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Contextual; Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Al-Hidayah Kebraon Surabaya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ahmad Yusam Thobroni
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salamah, HusnusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Metode Contextual Teaching and Learning (CTL); Hasil Belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2016 07:04
Last Modified: 19 Jan 2016 07:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3598

Actions (login required)

View Item View Item