This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Muthohharoh, Afidatul (2019) Peningkatan hasil belajar Matematika materi sifat-sifat dan jaring-jaring bangun ruang melalui strategi Make a Match pada peserta didik Kelas V SD Wachid Hasjim 2 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Afidatul Muthohharoh_D97214101.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan realitas di lapangan yang menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal materi sifat-sifat dan jaring-jaring bangun ruang, sehingga pada observasi pra PTK hanya 46% dari jumlah peserta didik yang mampu mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Rendahnya hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik sering kali diakibatkan penggunaan alat peraga yang belum maksimal, metode pembelajaran yang kurang bervariasi, kurang terlibatnya peserta didik dalam proses pembelajaran serta tidak menghubungkannya matematika dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, peneliti mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan strategi make a match dalam pelaksanaan pembelajaran Matematika materi sifat-sifat dan jaring-jaring bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi make a match dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada peserta didik dan mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan strategi make a match pada peserta didik kelas V SD Wachid Hasjim 2 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart dengan subjek penelitian 26 peserta didik yang terdiri dari 11 laki-laki dan 15 perempuan serta tempat penelitian di SD Wachid Hasjim 2 Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran yang meliputi 4 tahap; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan strategi make a match pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Wachid Hasjim 2 Surabaya dapat dikategorikan baik. Dapat dibuktikan dengan skor perolehan aktivitas guru dan peserta didik yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan skor aktivitas guru yakni 74,07 pada siklus I dengan kategori cukup menjadi 85,18 pada siklus II dengan kategori baik. Hasil perolehan skor aktivitas peserta didik meningkat dari 76,1 pada siklus I dengan kategori cukup menjadi 85,2 pada siklus II dengan kategori baik. (2) hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang dapat dikategorikan baik. Penelitian ini dibuktikan dari hasil nilai rata-rata ulangan harian siswa pada observasi pra PTK yaitu 63,9 (kategori tidak baik) dan persentase ketuntasan 15%, meningkat pada siklus I menjadi 74,9 (kategori cukup) dan persentase ketuntasan 69%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 85 (kategori baik) dan persentase ketuntasan 88,4%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Muthohharoh Afidatul | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 Oct 2019 02:55 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Oct 2019 02:55 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35988 |
Actions (login required)
View Item |