This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Winarti, Dyana Dwi (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PROSES PEMBENTUKAN TANAH KARENA PELAPUKAN MELALUI STRATEGI INKUIRI PADA SISWA KELAS VA MI AL-AHMAD KRIAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (727kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (755kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (769kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pelajaran IPA sering kali dikenal sulit dikalangan siswa. Ditambah dengan metode pengajaran guru yang sering tampak menjenuhkan. Hal tersebut tentu mempengaruhi hasil belajar siswa. Peneliti menemukan sebuah fakta mengenai hasil belajar IPA materi proses pembentukan tanah karena pelapukan pada kelas VA MI Al-Ahmad Krian yang terbilang rendah. Dari 32 siswa hanya 14 siswa yang dinyatakan tuntas dari KKM. Tujuan pengadaan penelitian ini adalah. 1) Untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi pembentukan tanah pada siswa kelas VA di MI Al-Ahmad Krian. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi pembentukan tanah dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri pada siswa kelas VA di MI Al-Ahmad Krian. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas VA MI Al-Ahmad Krian semester II tahun ajaran 2014 – 2015. Tindakan yang diberikan adalah strategi inkuiri sebanyak dua siklus (siklus I dan II). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes hasil belajar dan penilaian unjuk kerja. Instrument penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas guru dan siswa, butir soal, dan rubrik penilaian unjuk kerja. Uji validitas dilakukan oleh expert judgment. Hasil penelitian menujukan bahwa: 1) Penerapan strategi inkuiri pada pembelajaran IPA berjalan dengan baik melalui perbaikan-perbaikan pada setiap siklus. Dalam PBM dapat dilihat dari aktivitas guru dan aktivitas siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. 2) pembelajaran dengan menerapkan strategi inkuiri dalam proses pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar materi proses pembentukan tanah karena pelapukan pada siswa kelas VA MI Al-Ahmad Krian. Dari hasil analisis data, nilai rata-rata siswa pada siklus I meningkat menjadi 77,9 dengan presentase ketuntasan siswa sebesar 68,75%. kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat lagi menjadi 85,75 dengan presentase ketuntasan sebesar 93,75%
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Irfan Tamwifi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Biologi Metode Pembelajaran |
||||||
Keywords: | PTK; Strategi Inkuiri; IPA; Hasil Belajar IPA | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Users 283 not found. | ||||||
Date Deposited: | 19 Jan 2016 07:13 | ||||||
Last Modified: | 29 Jun 2016 04:05 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3600 |
Actions (login required)
View Item |