Hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan self-directed learning pada siswa yang tinggal di pondok pesantren

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sakinah, Fauziyatus (2019) Hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan self-directed learning pada siswa yang tinggal di pondok pesantren. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
fauziyatus sakinah J71215057 watermark.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara self-directed learning dengan dukungan sosial orang tua pada siswa yang tinggal dipondok pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan skala likert dalam teknik pengumpulan datanya. Skala likert terdiri dari skala self-directed learning dan skala dukungan sosial orang tua. Skala self-directed learning memiliki realibilitas sebesar 0,861sedangkan untuk skala dukungan sosial orang tua memiliki reliabilitas data sebesar 0,980. Subjek dalam penelitian ini diambil dari seluruh populasi yaitu kelas XI sebanyak 63 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara self-directed learning pada siswa yang tinggal dipondok pesantren. Nilai signifikansi pada hasil analisis adalah 0.000, karena signifikansi 0.00 > 0.05, dengan harga koefesien sebesar 0,584 bahwa terdapat arah hubungan yang searah, artinya semakin tinggi siswa mendapatkan dukungan sosial orang tua maka semakin tinggi pula self-directed learning pada siswa, begitupun sebaliknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sakinah, Fauziyatussakinah.fsl123@gmail.comJ71215057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoyyaroh, TatikUNSPECIFIED197605112009122002
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Sakinah Fauziyatus
Date Deposited: 25 Oct 2019 01:49
Last Modified: 25 Oct 2019 01:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36024

Actions (login required)

View Item View Item