This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nikmah, Lailatin (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA MATERI PERISTIWA DI KELAS II MI AL-FATAH KEDUNGPANDAN JABON SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (11MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (672kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (184kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di lapangan pada awal penelitian di kelas II MI Al-Fatah Kedungpandan, terdapat beberapa faktor yang melatarbelakangi rendahnya kemampuan berbicara siswa diantaranya adalah rendahnya minat belajar siswa, terbatasnya media pembelajaran, dan cara guru mengajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi berbicara.
Rumusan masalah peda penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada materi peristiwa di kelas II MI Al-Fatah Kedungpandan Jabon Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan kemampuan berbicara dengan menggunakan media gambar seri pada materi peristiwa di kelas II MI Al-Fatah Kedungpandan Jabon Sidoarjo?. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui penerapan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada materi peristiwa di kelas II MI Al-Fatah Kedungpandan Jabon Sidoarjo dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara dengan menggunakan media gambar seri pada materi peristiwa di kelas II MI Al-Fatah Kedungpandan Jabon Sidoarjo.
Variabel yang menjadi sarana pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas ini adalah kemampuan berbicara dengan menggunakan media gambar seri pada materi peristiwa di kelas II MI Al-Fatah Kedungpandan Jabon Sidoarjo
Bentuk Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan modal siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai populasi adalah siswa kelas II MI Al-Fatah Kedungpandan Jabon Sidoarjo yang berjumlah 22 siswa. Tehnik pengumpulan data dengan cara observasi aktivitas siswa dan guru, tes formatif, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan kelas pada siklus I menunjukan adanya peningkatan aktivitas dan hasil ketuntasan siswa. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai 61,18% meningkat pada siklus II menjadi 88,24%. Untuk hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 68,75% meningkat menjadi 82,11%. Hal ini dapat disimpulkan, bahwa pelaksanaan PTK telah melampaui indikator kinerja yang ditentukan yaitu 80%. Adapun hasil tes formatif pada siklus I mencapai 54,55% meningkat menjadi 82,11%. Dari hasil tes formatif dapat dapat disimpulkan, bahwa hasil formatif pada siklus II telah melewati indikator kinerja yang ditentukan yaitu 80%.
Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi, bahwa 1) Guru diharapkan menggunakan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan berbicara. 2) Meskipun materi berbicara pada tema peristiwa sudah dilaksanakan, ada baiknya jika guru mengulang dalam kegiatan sebelum pembelajaran dimulai.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Jauharoti Alfin | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Komunikasi Islam > Komunikasi Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media Pendidikan > Komunikasi |
||||||
Keywords: | Menggunakan media gambar seri; Materi berbicara. | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 19 Jan 2016 07:32 | ||||||
Last Modified: | 19 Jan 2016 07:32 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3605 |
Actions (login required)
View Item |