This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hikmiyah, Nur (2015) METODE PEMBELAJARAN TAHFIZ AL-QUR’AN DI GRIYA AL-QUR’AN JALAN CISADANE 36 SURABAYA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (972kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
Ringkasan.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (520kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (800kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (265kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran adalah proses, cara, perbuatan menjadikan manusia untuk belajar. Pembelajaran merupakan kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusia, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk
mencapai tujuan belajar. Tahfiz al-Qur’aan adalah orang yang menghafal atau penghafal al-Qur’an. Penelitian ini dilaksanakan di Griya al-Qur’an. Griya al-Qur’an adalah lembaga kursus model baru yang didalamnya mempelajari
program tahsin al-Qur’an, program tahfiz al-Qur’an dan program studi Islam.
Penelitian ini fokus pada program tahfiz al-Qur’an, karena tahfiz al-Qur’an umumnya dilaksanakan dan dikelola oleh pondok-pondok pesantren yang merupakan suatu lembaga pendidikan non formal, namun di Griya al-Qur’an
tahfiz al-Qur’an dilaksanakan dan dikelola dalam suatu lembaga kursus tanpa asrama dengan target 1 juz dalam waktu 3 bulan.
Penelitian ini berupaya mengungkap problem apa yang terjadi dalam pembelajaran tahfiz al-Qur’an sehingga target kurikulum yang ingin dicapai belum sepenuhnya dapat terlaksana, sekaligus kiat apa yang ditempuh oleh Griya
al-Qur’an dalam mengatasi problem tersebut. Berdasarkan obyek penelitian, maka penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang termasuk penelitian kualitatif deskriptif, karena sifat data yang dikumpulkan bercorak kualitatif bukan kuantitatif yang menggunakan alat-alat pengukur. Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan data deskriptif, yaitu berupa kata-kata tertulis atau lisan dari sejumlah guru dan tindakan yang dapat diamati.
Dari penelitian ini diambil kesimpulan bahwa problem pembelajaran yang ada di Griya al-Qur’an meliputi problem yang berhubungan dengan siswa. Penelitian ini masih sekitar problem pembelajaran tahfiz al-Qur’an yang ada di
Griya al-Qur’an, oleh sebab itu masih perlu diadakan pengembangan penelitian yang sejenis dalam rangka pengembangan keilmuan dan kemajuan lembaga itu
sendiri, semoga penelitian berikutnya lebih sempurna
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Achmad Nur Fuad | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem | ||||||
Keywords: | Metode Belajar; Tahfidz Qur'an; | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 19 Jan 2016 07:42 | ||||||
Last Modified: | 19 Jan 2016 07:42 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3606 |
Actions (login required)
View Item |