PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS II MI MIKSYAFUL ULUM BERATWETAN GEDEG KABUPATEN MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, Maftuhatul (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS II MI MIKSYAFUL ULUM BERATWETAN GEDEG KABUPATEN MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Sebagai pendidik, guru memiliki tanggung jawab besar terkait dengan kegiatan pembelajaran dan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan mengingat kemampuan dasar siswa dan daya tangkap terhadap materi belajar IPA berbeda – beda. Oleh karenanya guru harus pandai memilih strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan keadaan kelasnya. Pembelajaran dengan metode inkuiri merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang menuntut siswa untuk berpikir kritis dan berperan aktif. Pada pembelajaran ini siswa terlebih dahulu di dorong untuk memiliki pengalaman dan melakukan percobaan yang memungkinkan mereka menemukan prinsip – prinsip dalam diri mereka untuk saling berbagi hasil pemikiran masing-masing. Keberhasilan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dilihat dari hasil belajar yang diperoleh berupa nilai ulangan harian yang dilaksanakan dalam tiap akhir siklus. Tingkat pemahaman siswa dalam pelajaran IPA akan meningkatkan hasil belajar IPA begitu juga sebaliknya.
Penelitian ini dilakukan di MI Miksyaful Ulum Beratwetan Gedeg Kab. Mojokerto dengan rumusan masalah :
1) Bagaimanakah, penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran IPA tentang perubahan wujud benda pada siswa kelas II MI Miksyaful Ulum?
2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran inkuiril pada siswa Kelas II tahun pelajaran 2014/2015?
Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah Ingin mengetahui penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran IPA pada siswa Kelas II MI Miksyaful Ulum. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang terdiri 2 siklus. Tingkat keberhasilan dapat dilihat dengan mengamati peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus II. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah fact test berupa ulangan harian diakhir siklus I dan II.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar Matematika siswa kelas I MI Miksyaful Ulum Beratwetan Gedeg Kab. Mojokerto mengalami peningkatan yang positif dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I hasil belajarnya 60,50 dan siklus II 80,00, begitu pula ketuntasan belajar IPA siswa terjadi peningkatan dari siklus I 65,00 % ke siklus II 90,00%

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ni'matus Sholihah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, MaftuhatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Metode Inkuiri; Hasil Belajar; Perubahan Wujud Benda.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2016 07:43
Last Modified: 19 Jan 2016 07:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3609

Actions (login required)

View Item View Item