This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Yanti, Sri Suci (2010) Sejarah perkembangan Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama Cabang Sidoarjo Periode 1982-2009. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Sri Suci Yanti_A02206009.pdf Download (4MB) |
Abstract
Sejarah dan perkembangan Lembaga Pendidikan Ma'arif Cabang Sidoarjo merupakan suatu pemaparan tentang latarbelakang serta seluk beluk berdirinya Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama Cabang Sidoarjo, dimana lembaga ini dalam perkembangannya selalu mendapat tantangan dan hambatan khususnya dari pemerintah pada tahun 1970-an, karena lembaga ini berada di bawah naungan organisasi Nahdlatul Ulama, yang selalu dianggap melawan pemerintah pada saat itu. Metode yang digunakan penulis dalam meneliti adalah menggunakan metode yakni: heuristik, di mana metode tersebut mempunyai dua tahap yaitu: sumber sejarah primer ialah sumber-sumbernya diperoleh dari karangan-karangan ilmiah orang yang terlibat langsung dalam peristiwa tersebut, serta hasil wawancara dengan pengurus dan pimpinan Lembaga Pendidikan Ma'arif Cabang Sidoarjo. Dan sumber sejarah sekunder ialah sumbernya diperoleh dari buku-buku, artikel-artikel, dan media massa, serta tabloid yang berkaitan dengan judul skripsi ini. Selanjutnya, kritik sumber, di mana kritik tersebut dilakukan terhadap sumber pertama. Kritik ini mempunyai dua model, yaitu: kritik eksternal dan kritik internal. Kritik eksternal ialah proses untuk melihat apakah sumber yang didapat itu autentik atau tidak. Sedangkan kritik internal adalah upaya yang dilakukan untuk melihat apakah isi sumber tersebut cukup kredibel atau tidak. Kemudian interpretasi atau penafsiran ialah upaya untuk melihat kembali sumber yang didapat apakah sumber tersebut telah teruji autentitasnya dan terdapat saling berhubungan. Dan yang terakhir adalah histografi ialah penulisan/penafsiran dan pelipatan hasil sejarah yang telah dilakukan. Dari sinilah kita akan mengetahui, maka penulis merumuskan permasalahan tersebut sesuai dengan latar belakang yang terfokus terhadap tema isi skripsi ini. Adapun rumusan masalah tersebut sebagai berikut: sejarah perkembangan Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama Cabang Sidoarjo Periode 1982-2009, peran Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama Cabang Sidoarjo dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia di lingkungan Nahdlatul Ulama, serta program kerja pengurus Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama Cabang Sidoarjo Periode 2006 - 2009. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan sejarah berdirinya dan perkembangan Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama Cabang Sidoarjo Periode 1982-2009. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahun 1982-1989 Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama Cabang Sidoarjo dipimpin oleh Prof. Dr. KH. Ali Maschan Moesa selaku mantan Ketua Umum PW NU Jawa Timur (1999-2008), di mana pada saat kepemimpinan beliau LP Ma'arif Cabang Sidoarjo mulai bangkit serta menunjukkan prestasinya terhadap pemerintah, sehingga tahun 1989, LP Ma'arif ini selalu mendapat penghargaan atas semua prestasinya dalam membangun sekolah dan madrasah, mulai dari tingkat kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Sampai detik ini Lembaga Pendidikan Ma'arif ini telah diperluas dan sudah membentuk beberapa organisasi masyarakat.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Sejarah > Sejarah Indonesia Nahdlatul Ulama Sejarah > Sejarah Islam |
||||||||
Keywords: | Sejarah; Lembaga Pendidikan Ma'arif; Nahdlatul Ulama | ||||||||
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 05 Nov 2019 06:44 | ||||||||
Last Modified: | 06 Nov 2019 00:53 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36099 |
Actions (login required)
View Item |