This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Iqbaluddin, Sahlan (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN DENGAN MENGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA SISWA KELAS II MI HASYIM ASY’ARI JAMBANGAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (195kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas II MI Hasyim Asy’ari pada mata pelajaran Matematika materi pembagian. Hal ini dibuktikan dari perolehan hasil nilai rata-rata ulangan harian siswa kelas II yang masih di bawah KKM. Terdapat 26 siswa yang tidak tuntas dan 9 siswa tuntas dikarenakan siswa belajar Matematika ini hanya menghafal nilai dari pembagian saja.
Hal ini disebabkan siswa hanya menghafalkan pembagian. Sehingga siswa belum memahami materi pembagian secara sistematis. Selain itu, guru belum menggunakan media pembelajaran, guru masih menggunakan alat seadanya seperti ; pensil, pena, dan papan tulis. Permasalahan tersebut berdampak pada kurangnya minat dan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran yang menyebabkan siswa menjadi bosan
dan menjadi tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan media Macromedia Flash 8 yang dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi pembagian pada siswa kelas II MI Hasyim Asy’ari Jambangan,
Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi pembagian dengan media Macromedia Flash 8 pada siswa kelas II MI Hasyim Asy’ari Jambangan, Sidoarjo. Metode penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yakni ; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes tulis dan dokumentasi. Hasil penelitian dijelaskan bahwa: (1) pengunaan Macromedia Flash 8 dalam proses pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa ini pada mata peajaran Matematika materi pembagian masih mengalami masalah pada siklus I yakni, Sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi belajar menggunakan media, Siswa kurang percaya diri, siswa masih belum terlalu paham dengan pengunaan media, guru belum dapat memanfaatkan waktu yang terbatas. (2) adanaya peningkatan hasil belajar matematika materi pembagian. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai persentase pra siklus sebesar 28,57% katagori sangat rendah meningkat pada siklus I menjadi sebesar 60 % katagori Cukup dan siklus II meningkat dengan persentase
sebesar 90,62% dikatagorikan sangat tinggi
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Nadlir | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Matematika |
||||||
Keywords: | Hasil Belajar Matematika; Makromedia flash 8 | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Users 283 not found. | ||||||
Date Deposited: | 19 Jan 2016 07:58 | ||||||
Last Modified: | 29 Jun 2016 04:02 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3619 |
Actions (login required)
View Item |