Aplikasi strategi project based learning (PJBL) dalam pembelajaran al-Qur’an hadits untuk meningkatkan perkembangan sosial dan emosional siswa kelas V MI As-Shibyan Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspa Sari, Harum Ita (2017) Aplikasi strategi project based learning (PJBL) dalam pembelajaran al-Qur’an hadits untuk meningkatkan perkembangan sosial dan emosional siswa kelas V MI As-Shibyan Gresik. Undergraduate thesis, Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Harum Ita Puspa Sari_F02A15189.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari latar belakang pembelajaran al-Qur’an Hadits yang membosankan dan kurang menarik. Apalagi dalam menghafalkan surat-surat pendek, mereka jenuh karena setiap ada materi surat-surat pendek, selalu diminta gurunya untuk mengahafal dan menerjemahkan aja. Pembelajarannya monoton, karena kurang bervariasi dalam memberikan strategi atau metode, sehingga motivasi belajar anak menurun. Selain itu sikap perkembangan sosial dan emosional siswa kurang meningkat, sehingga interaksi dan sikap simpati serta empati siswa kepada orang/teman tidak muncul. Untuk itu, peneliti mencoba menerapkan strategi project based learning untuk meningkatkan perkembangan sosial dan emosional siswa, sehingga pembelajaran lebih menyenangkan. Penelitian ini dilaksanakan di MI As-Shibyan Gresik pada kelas V yang berjumlah 18 siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran al-Qur’an Hadits untuk meningkatkan perkembangan sosial dan emosional siswa dengan strategi Project Based Learning (PjBL)? (2) Bagaimana aplikasi pembelajaran al-Qur’an Hadits untuk meningkatkan perkembangan sosial dan emosional siswa dengan strategi PjBL? (3) Bagaimana efektivitas pembelajaran al-Qur’an Hadits dengan strategiPjBL untuk meningkatkan perkembangan sosial dan emosional siswa?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang dalam prosesnya banyak menggunakan angka-angka dari mulai pengumpulan data, penafsiran terhadap data, serta penampilan dari hasilnya. Hasil penelitian yang diperoleh di sekolah MI As-Shibyan Gresik melalui strategi PjBL dapat meningkatkan perkembangan sosial dan emosioanal siswa. Hal ini ditunjukkan dengan skalapretest skor perolehan 63 dengan persentase rendah 16,67%, terjadi karena siswa memiliki motivasi rendah saat pembelajaran. Sedangkan untuk skala posttest skor perolehan 84,33 dengan persentase 88,88%, siswa sudah terkondisikan dan motivasi belajar mereka lebih meningkat dibanding pembelajaran sebelumnya. Adapun Uji Produk dan Uji-t yang dilakukan peneliti dengan hasil: Telah dibuktikan bahwa 15,3< 16. Hal tersebut membuktikan bahwa produk mendapatkan nilai A dengan kategori sangat baik. Sedangakan pada uji-t yaitu Berdasarkan tabel t (tabel dalam lampiran), dapat diketahui bahwa bila tingkat kesalahan 5 %, dengan db 17(db = n-1=18-1=17), maka hargab t tabel = 1,740. Ternyata harga t hitung 16,56 jauh lebih besar daripada t tabel 1,740 sehingga dapat dinayatakan terdapat perbedaan signifikan antara posttest dan pretest. Hal ini dapat disimpulakn bahwa instrument tersebut valid dan hipotesis yang telah peneliti ajukan yaitu: H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga Pengembangan strategi PjBL dalam pembelajaran al-Qur’an Hadits dapat meningkatkan perkembangan sosial dan emosional siswa kelas V MI As-Shibyan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspa Sari, Harum Itaharumita@gmail.comF02A15189
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPurwati, EniUNSPECIFIED196512211990022001
Subjects: Agama
Cerita dalam Al Qur'an
Kepribadian
Metode Pembelajaran
Masalah sosial
Keywords: Strategi PjBL; al-Qur’an Hadits; Surat al-Ma’un; Perkembangan Sosial dan Emosional
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sari Harum Ita Puspa
Date Deposited: 03 Jan 2020 03:40
Last Modified: 03 Jan 2020 03:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36462

Actions (login required)

View Item View Item