This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sholihah, Rizqi Amaliyah (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI BILANGAN BULAT. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (963kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (266kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran matematika pada materi bilangan bulat di Sekolah Menengah Pertama sebagai respons semakin melemahnya kualitas belajar siswa. Dalam kegiatan pembelajaran, materi pelajaran tidak kontekstual, dan kinerja siswa rendah, baik pada proses maupun produk belajarnya. Sebagian besar guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran tradisional. metode pembelajaran matematika di sekolah sebagian besar menggunakan metode ceramah. Metode ceramah merupakan suatu metode dimana guru menerangkan di depan kelas dengan berceramah.
Kreativitas siswa dapat dimunculkan melalui metode pembelajaran yang menekankan pada kreativitas siswa dalam proses pembelajaran. Metode pembelajaran yang berpusat pada keterampilan pemecahan masalah yang diikuti dengan penguatan kreativitas salah satunya adalah Metode Creative Problem Solving (CPS). Melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai inovator pembelajaran dalam menggunakan metode Creative Problem Solving (CPS).
Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (Development Research) karena peneliti ingin mengembangkan perangkat pembelajaran sub pokok bahasan bilangan dengan menggunakan tahapan Creative Problem Solving (CPS). Pengembangan perangkat ini mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari lima fase pengembangan, namun penelitian ini hanya dilakukan sampai pada fase tes, evaluasi, dan revisi. Pengembangan pada penelitian ini meliputi RPP dan LKS. Uji coba dilakukan pada 37 siswa kelas VII B di SMP Darul Muta’alimin Taman.
Data penelitian dianalisis dan diperoleh data sebagai berikut: kevalidan RPP berkategori sangat valid dengan rata-rata penilaian (4,064), kevalidan LKS berkategori valid dengan rata-tara penilaian (3,458), dari masing-masing perangkat pembelajaran tersebut dinilai praktis oleh para ahli, dengan penilaian "B" untuk masing-masing perangkat pembelajaran, yang berarti bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Aktifitas siswa dinyatakan efektif dengan persentase yang mendukung KBM lebih besar dari pada persentase yang tidak mendukung KBM, keterlaksanaan sintaks dinyatakan efektif dengan rata-rata 3,372, respon siswa dinyatakan positif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Agus Prasetyo Kurniawan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika | ||||||
Keywords: | Creative Problem Solving; Bilangan Bulat | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2016 03:56 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2016 03:56 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3669 |
Actions (login required)
View Item |