This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rusuliana, Dina (2015) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SMK MUHAMMADIYAH 2 SUMBERREJO BOJONEGORO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (144kB) | Preview |
Abstract
Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, oleh karena itu setiap manusia menginginkan dapat berinteraksi sosial dengan baik.keinginan untuk berinteraksi sosial dialami oleh semua kalangan manusia, termasuk dari golongan siswa. Secara teori siswa yang sedang berada di tingkat SMK adalah masa awal remaja, dimana emosi mereka sangat labil, Akan tetapi dalam mencapai interasksi sosial yang baik tersebut, seorang siswa harus memenuhi beberapa faktor yang harus menyertainya selain empat kebutuhan dasar (kebutuhan fisiologis, rasa aman, cinta, dan harga diri) yang harus dipenuhi oleh siswa. sebelumdapat berinteraksi sosial dengan baik tentunya siswa harus mengenali potensi-potensi maupun keseluruhan proses psikis yang berada dalam dirinya, dengan kata lain siswa tersebut harus memiliki kecerdasan emosional.
Tujuan dari penelitian ini adalah yang pertama untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa di SMK Muhammadiyah 2 Sumberrejo Bojonegoro, yang kedua untuk mengetahui keadaan interaksi sosial siswa di SMK Muhammadiyah 2 Sumberrejo Bojonegoro, dan yang ketiga, untuk mengetahui adakah hubungan antara kecerdasan emosional dengan interaksi sosial siswa di SMK Muhammadiyah 2 Sumberrejo Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode pengumpulan datanya menggunakan angket.Populasi dan sampelnya menggunakan teknik sampel simple random sampling yang jumlah sampelnya ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dengan jumlah 154 siswa dari seluruh siswa jurusan akuntansi.Penggunaan rumus Slovin ini bertujuan agar sampel yang digunakan cukup besar sehingga keakuratan penelitian dapat mendekati sempurna.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa SMK Muhammadiyah 2 Sumberrejo Bojonegoro.dikategorikan sedang, dengan prosentase sebesar 60,88 %. Begitu juga dengan interaksi sosial siswa yang berada dalam kategori sedang, dengan prosentase sebesar 60,41%. Hasil penelitian juga menyatakan bahwa adanya korelasi positif antara kecerdasan emosional dengan interaksi sosial siswa SMK Muhammadiyah 2 Sumberrejo Bojonegoro yang dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi product moment sebesar 0,648 dengan nilai signifikansi 0,01, yang berarti kurang dari 0,05 dan dapat disimpulkan bahwa diterimanya Ha dan tolak Ho. Kesimpulannya yaitu terdapat korelasi antara kecerdasan emosionaldenganinteraksi sosial siswa di SMK Muhammadiyah 2 Sumberrejo Bojonegoro.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Husniyatus Salamah Zainiyati | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam | ||||||
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Interaksi Sosial | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2016 04:38 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2016 04:38 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3671 |
Actions (login required)
View Item |