HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SMK MUHAMMADIYAH 2 SUMBERREJO BOJONEGORO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rusuliana, Dina (2015) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SMK MUHAMMADIYAH 2 SUMBERREJO BOJONEGORO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, oleh karena itu setiap manusia menginginkan dapat berinteraksi sosial dengan baik.keinginan untuk berinteraksi sosial dialami oleh semua kalangan manusia, termasuk dari golongan siswa. Secara teori siswa yang sedang berada di tingkat SMK adalah masa awal remaja, dimana emosi mereka sangat labil, Akan tetapi dalam mencapai interasksi sosial yang baik tersebut, seorang siswa harus memenuhi beberapa faktor yang harus menyertainya selain empat kebutuhan dasar (kebutuhan fisiologis, rasa aman, cinta, dan harga diri) yang harus dipenuhi oleh siswa. sebelumdapat berinteraksi sosial dengan baik tentunya siswa harus mengenali potensi-potensi maupun keseluruhan proses psikis yang berada dalam dirinya, dengan kata lain siswa tersebut harus memiliki kecerdasan emosional.
Tujuan dari penelitian ini adalah yang pertama untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa di SMK Muhammadiyah 2 Sumberrejo Bojonegoro, yang kedua untuk mengetahui keadaan interaksi sosial siswa di SMK Muhammadiyah 2 Sumberrejo Bojonegoro, dan yang ketiga, untuk mengetahui adakah hubungan antara kecerdasan emosional dengan interaksi sosial siswa di SMK Muhammadiyah 2 Sumberrejo Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode pengumpulan datanya menggunakan angket.Populasi dan sampelnya menggunakan teknik sampel simple random sampling yang jumlah sampelnya ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dengan jumlah 154 siswa dari seluruh siswa jurusan akuntansi.Penggunaan rumus Slovin ini bertujuan agar sampel yang digunakan cukup besar sehingga keakuratan penelitian dapat mendekati sempurna.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa SMK Muhammadiyah 2 Sumberrejo Bojonegoro.dikategorikan sedang, dengan prosentase sebesar 60,88 %. Begitu juga dengan interaksi sosial siswa yang berada dalam kategori sedang, dengan prosentase sebesar 60,41%. Hasil penelitian juga menyatakan bahwa adanya korelasi positif antara kecerdasan emosional dengan interaksi sosial siswa SMK Muhammadiyah 2 Sumberrejo Bojonegoro yang dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi product moment sebesar 0,648 dengan nilai signifikansi 0,01, yang berarti kurang dari 0,05 dan dapat disimpulkan bahwa diterimanya Ha dan tolak Ho. Kesimpulannya yaitu terdapat korelasi antara kecerdasan emosionaldenganinteraksi sosial siswa di SMK Muhammadiyah 2 Sumberrejo Bojonegoro.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Husniyatus Salamah Zainiyati
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rusuliana, DinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Kecerdasan Emosional; Interaksi Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Jan 2016 04:38
Last Modified: 20 Jan 2016 04:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3671

Actions (login required)

View Item View Item