This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nurhalimah, Siti (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING ( BERMAIN PERAN ) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS V MI NURUL ISLAM TAROGAN LENTENG SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (132kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan pengalaman penulis di lapangan, kegagalan dalam belajar rata-rata disebabkan karena guru dalam proses belajar mengajar hanya menggunakan metode ceramah, dan materi pelajaran tidak disampaikan secara kronologis. Dan ini berakibat pula pada kurangnya keaktifan siswa dalam belajar, sehingga suasana belajar menjadi monoton dan tidak menarik bagi siswa. Sehingga nilai rata-rata mata pelajaran SKI sangat rendah yaitu mencapai 50,00, dan ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa tidak sesuai dengan KKM yang ditentukan yaitu 70,00.
Masalah yang ditemukan oleh peneliti yaitu bagaimana penerapan metode pembelajaran Role Playing (bermain peran) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa di kelas V MI Nurul Islam Tarogan Lenteng Sumenep Tahun Pelajaran 2014-2015, dan bagaimana metode pembelajaran Role Playing (bermain peran) dapat meningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa di kelas V MI Nurul Islam Tarogan Lenteng Sumenep Tahun Pelajaran 2014-2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran Role Playing (bermain peran) dapat meningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa di kelas V MI Nurul Islam Tarogan Lenteng Sumenep Tahun Pelajaran 2014-2015.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang dipandang sebagai suatu siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Nurul Islam yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes tulis. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar SKI siswa kelas V MI Nurul Islam Tarogan Lenteng Sumenep pada siklus I sampai siklus 2. Hasil tes pada siklus I, sebanyak 9 peserta didik atau 69 % peserta didik yang ketuntasan secara klasikal. Nilai tes pada siklus 2 mengalami peningkatan yang siginifikan sebanyak 23 peserta didik yang tuntas atau tuntas 100%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Munawir | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||
Keywords: | Hasil belajar; Metode Role Playing. | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2016 05:21 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2016 05:21 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3682 |
Actions (login required)
View Item |