This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Zumaroh, Siti (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS MELALUI METODE DISKUSI PADA MATERI BAHASA INDONESIA KELAS III MI. AL-HANAFIYAH WRINGINPITU MOJOWARNO JOMBANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (212kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan menulis yang dilakukan siswa kelas III MI AL-Hanafiyah, Wringinpitu Mojowarno Jombang sekarang ini masih sangat rendah.mereka belum bisa mengungkapkan gagasan, mereka secara sederhana serta masih menggunakan kalimat yang singkat. Dalam pembelajaran bahasa anak-anak kelas III di MI Al-Hanafiyah kesulitan dalam mengutarakan apa yang ingin disampaikan bahkan dalam bentuk tulisan dengan penggunaan kalimat sederhana.
Rendahnya kemampuan siswa kelas III MI. Al-Hanafiyah Wringinpitu Mojowarno Jombang dalam menulis kalimat mendorong dilaksanakannya penelitian ini. Pada dasarnya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menulis kalimat dengan menggunakan metode Diskusi Kelompok (Cooperatif Learning).
Pembelajaran dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing kegiatan pembelajaran dalam kedua siklus adalah sama yakni membagi siswa dalam kelompok lalu menerangkan bagaimana cara bermain, kemudian masing-masing siswa menyusun kalimat dari kata yang telah tersedia. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data per-siklus yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini didasarkan pada instrument penelitian yang berupa tes tulis, observasi, dan dokumentasi.
Penilaian kalimat didasarkan pada beberapa aspek yakni penggunaan ejaan, huruf kapital, dan kesesuaian kalimat. Berdasarkan penilaian tersebut, pada siklus I diperoleh prosentase ketuntasa belajar sebesar 20,83%, dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 87,5%. Juga didapatkan hasil observasi pencapaian aspek afektif pada siklus I sebesar 20,8% dan pada siklus II sebesar 83,3%
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Jauharoti Alfin | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||
Keywords: | Bahasa Indonesia; Peningkatan Hasil Belajar Menulis; Metode Diskusi. | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2016 05:41 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2016 05:41 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3688 |
Actions (login required)
View Item |