PEMBERIAN SCAFFOLDING UNTUK MENGATASI KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA OPERASI ALJABAR BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifah, Nur Annisa (2015) PEMBERIAN SCAFFOLDING UNTUK MENGATASI KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA OPERASI ALJABAR BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (947kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika akan mudah diingat oleh siswa apabila siswa itu bisa ikut dalam menemukan kesalahan matematika yang akan mereka hadapi. Permasalahan pada materi Operasi Aljabar dibuat dengan tujuan agar siswa bisa menyelesaikan persoalan tersebut dengan pengetahuan yang siswa miliki yang telah diajarkan oleh guru. Interaksi sosial antara guru dan siswa akan membantu siswa dalam menyelesaikan masalah yang masih berada pada jangkauan kognitifnya (zone of proximal development/ZPD). Scaffolding merupakan pemberian bantuan dari guru kepada siswa diawal pembelajaran setelah siswa itu mampu bantuan tersebut berangsur-angsur dihentikan. Maka tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan letak-letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi aljabar berdasarkan tahapan Newman, Untuk mendeskripsikan bentuk scaffolding yang diberikan kepada siswa ketika melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita operasi aljabar berdasarkan tahapan Newman.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas VIII SMPN 1 Waru Sidoarjo. Pengumpulan data dilakukan dengan tes penyelesaian soal cerita matematika dan wawancara. Wawancara dianalisis berdasarkan lima tahap penyelesaian kesalahan menurut Newman. Tahapan dari newman adalah membaca (Reading), memahami (Comprehension), transformasi (Transformation), kemampuan proses (Process Skill) dan penulisan jawaban (Encoding).
Hasil dari penelitian ini adalah (1). pada tahap membaca kesalahan siswa terletak pada menuliskan kata kunci sehingga scaffolding yang diberikan: (a). Meminta siswa untuk teliti dalam membaca soal (b). Membaca ulang soal dengan memberikan penekanan intonasi pada kalimat yang memberikan informasi penting (c). Memberikan arti atau maksud dari kata kata yang tidak dipahami oleh siswa; (2). pada tahap memahami kesalahan siswa terletak pada tidak ditulis secara lengkap informasi yang ada sehingga scaffolding yang diberikan (a). Meminta siswa untuk teliti dan cermat dalam membaca perintah yang ditanyakan dalam soal (b). Meminta siswa untuk menuliskan informasi apa saja yang diperoleh dari soal (c). Memberikan pancingan pada siswa agar bisa menuliskan apa yang diketahui dan yang ditanya; (3) Pada tahap transformasi kembali siswa kurang sempurna menuliskan model matematisnya sehingga scaffolding yang diberikan (a). meminta siswa untuk mencermati kesesuaian variabel yang sudah siswa tentukan dengan informasi yang ada dalam soal (b). Memberikan penjelasan pada siswa untuk bisa menuliskan soal dan mampu merubah ke bentuk matematisnya; (4) Pada tahap kemampuan proses, siswa salah mengoperasikan bilangan dan variabel sehingga scaffolding yang diberikan (a). meminta siswa mengerjakan dengan tepat dari variabel yang telah diketahui dan diperoleh (b). memberikan penjabaran tentang keterangan yang belum dipahami; (5) Pada tahap penulisan jawaban, kesalahan siswa tidak menuliskan jawaban akhir dari soal yang telah diminta, sehingga scaffolding yang diberikan adalah (a). Meminta siswa untuk membandingkan hasil pekerjaan dengan apa yang ditanyakan dalam soal (b). Mengarahkan siswa untuk menghubungkan variabel yang ditentukan dengan jawaban yang diperoleh siswa

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Yuni Arrifadah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifah, Nur AnnisaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Scaffolding; Aljabar; Newman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2016 01:34
Last Modified: 21 Jan 2016 01:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3726

Actions (login required)

View Item View Item