PROFIL PENALARAN KREATIF SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN DATAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN GENDER

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Suci Septia (2015) PROFIL PENALARAN KREATIF SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN DATAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN GENDER. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Tujuan pembelajaran matematika adalah untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan penalaran. Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya kemampuan bernalar siswa. Penyebab rendahnya kemampuan bernalar siswa adalah siswa cenderung menggunakan penalaran yang bersifat hafalan, padahal penalaran kreatif juga merupakan salah satu penalaran yang penting. Untuk meningkatkan kemampuan bernalar kreatif dapat dilakukan dengan cara membiasakan siswa menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil penalaran kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan masalah bangun datar ditinjau dari kemampuan matematika dan gender.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 12 orang yang diambil dari siswa kelas VII-A dan VII-E di MTs Darul Ulum Waru yang didasarkan pada kemampuan matematika dan gender. Pengumpulan data dengan tes tertulis dan wawancara. Tes dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator penalaran kreatif dalam menyelesaikan masalah berdasarkan tahap Polya yaitu pada tahap memahami masalah, indikator yang diungkap adalah dasar matematika,masuk akal,kebaruan. Pada tahap merencanakan dan melakukan penyelesaian, indikator yang diungkap adalah dasar matematika,masuk akal,kebaruan, fleksibel. Pada tahap melihat kembali penyelesaian, indikator yang diungkap adalah dasar matematika, masuk akal.
Berkaitan dengan tujuan penelitian, hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penalaran kreatif siswa SMP laki-laki dan perempuan yang berkemampuan matematika tinggi dan sedang dalam menyelesaikan masalah bangun datar adalah cukup, penalaran kreatif siswa SMP laki-laki dan perempuan yang berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah bangun datar adalah kurang, tidak terdapat perbedaan penalaran kreatif antara siswa yang berkemampuan matematika tinggi dan sedang, namun terdapat perbedaan penalaran kreatif dengan siswa yang berkemampuan matematika rendah, tidak terdapat perbedaan penalaran kreatif dalam menyelesaikan masalah bangun datar ditinjau dari gender

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: A. Saepul Hamdani
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Suci SeptiaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Penalaran; Matematika; Gender
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2016 01:39
Last Modified: 21 Jan 2016 01:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3727

Actions (login required)

View Item View Item