This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rahmawati, Suci Septia (2015) PROFIL PENALARAN KREATIF SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN DATAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN GENDER. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (595kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (342kB) | Preview |
Abstract
Tujuan pembelajaran matematika adalah untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan penalaran. Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya kemampuan bernalar siswa. Penyebab rendahnya kemampuan bernalar siswa adalah siswa cenderung menggunakan penalaran yang bersifat hafalan, padahal penalaran kreatif juga merupakan salah satu penalaran yang penting. Untuk meningkatkan kemampuan bernalar kreatif dapat dilakukan dengan cara membiasakan siswa menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil penalaran kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan masalah bangun datar ditinjau dari kemampuan matematika dan gender.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 12 orang yang diambil dari siswa kelas VII-A dan VII-E di MTs Darul Ulum Waru yang didasarkan pada kemampuan matematika dan gender. Pengumpulan data dengan tes tertulis dan wawancara. Tes dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator penalaran kreatif dalam menyelesaikan masalah berdasarkan tahap Polya yaitu pada tahap memahami masalah, indikator yang diungkap adalah dasar matematika,masuk akal,kebaruan. Pada tahap merencanakan dan melakukan penyelesaian, indikator yang diungkap adalah dasar matematika,masuk akal,kebaruan, fleksibel. Pada tahap melihat kembali penyelesaian, indikator yang diungkap adalah dasar matematika, masuk akal.
Berkaitan dengan tujuan penelitian, hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penalaran kreatif siswa SMP laki-laki dan perempuan yang berkemampuan matematika tinggi dan sedang dalam menyelesaikan masalah bangun datar adalah cukup, penalaran kreatif siswa SMP laki-laki dan perempuan yang berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah bangun datar adalah kurang, tidak terdapat perbedaan penalaran kreatif antara siswa yang berkemampuan matematika tinggi dan sedang, namun terdapat perbedaan penalaran kreatif dengan siswa yang berkemampuan matematika rendah, tidak terdapat perbedaan penalaran kreatif dalam menyelesaikan masalah bangun datar ditinjau dari gender
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | A. Saepul Hamdani | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika | ||||||
Keywords: | Penalaran; Matematika; Gender | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2016 01:39 | ||||||
Last Modified: | 21 Jan 2016 01:39 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3727 |
Actions (login required)
View Item |