PERSUASIVE STRATEGIES IN BARACK OBAMA’ SPEECH (2009)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Santoso, Sugeng (2015) PERSUASIVE STRATEGIES IN BARACK OBAMA’ SPEECH (2009). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (848kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis strategi persuasif. Penelitian ini focus pada strategi persuasif yang digunakan oleh Barack Obama ketika beliau berpidato khususnya pada bulan Januari tahun 2009. Penulis percaya bahwa sebagian besar pidato Obama berisi tentang persuasif dan juga berhubungan dengan dengan fungsi bahasa. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan tipe-tipe dari persuasif dan fungsi-fungsi bahasa yang berhubungan dengan tipe-tipe strategi di dalam persuasif yang digunakan Obama.
Didalam pembuatan penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Penulis menggunakan teori strategi persuasif dari Beebe & Beebe (2012) dan teori fungsi bahasa dari Holmes (1996). Data diambil dari kata-kata dalam pidato Obama didalam bentuk teks dan hanya focus pada strategi persuasif. Penulis menganalisa data dan mengklasifikasikan kedalam tabel 3.1 untuk membuat penulis lebih mudah mengalisanya. Kemudian, berdasarkan tabel tersebut penulis mengalisa dan mengidentifikasi kata-kata yang mana bisa dikategorikan sebagai tipe-tipe strategi persuasif dan berhubungan dengan fungsi bahasa menurut Beebe & Beebe (2012) dan Holmes (1996).
Setelah menyelesaikan penelitian, penulis menyimpulkan bahwa strategi persuasif juga penting bagi orang-orang politik ketika mereka menyampaikan pidatonya. Strategi paling sering digunakan oleh Obama adalah hope (harapan) dengan memberikan motivasi kepada Amerika dan orang-orang disana agar memiliki masah depan yang lebih cerah dan merubah pola mikir mereka menjadi lebih baik lagi. Penulis juga menemukan bahwa fungsi bahasa berhubungan dengan strategi persuasif didalam pidatonya Obama. Yang terakhir, penulis berharap penelitian ini bisa memberikan kontribusi pada penggunaan bahasa atau penelitian lain khususnya didalam strategi persuasif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Endratno Pilih Swasono
Creators:
CreatorsEmailNIM
Santoso, SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Inggris
Ilmu Komunikasi
Sosiologi
Keywords: Language Variation; Persuasion; Persuasive strategy; Sociolinguistic; Speech function
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 21 Jan 2016 03:01
Last Modified: 21 Jan 2016 03:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3743

Actions (login required)

View Item View Item