This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rosidah, Lailatur (2015) MENINGKATKAN KREATIVITAS PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS IV MI ROUDLOTUL HUDA BLIMBINGSARI MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (190kB) | Preview |
Abstract
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti berdasarkan pada masalah yang dialami oleh peneliti, dimana pemahaman siswa kelas IV MI Roudlotul Huda pada mata pelajaran matematika materi pecahan masih rendah, sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa tersebut. Dengan penerapan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) diharapkan siswa mendapatkan pemahaman yang lebih konkrit tentang konsep materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas pemecahan masalah pada materi pecahan pada siswa kelas IV MI Roudlotul Huda Blimbingsari Sooko Mojokerto setelah diterapkannya pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL).
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). yang terdiri dari empat komponen untuk setiap siklusnya yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi pada siklus tersebut akan digunakan sebagai bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikutnya, sehingga proses dan hasil pelaksanaan siklus berikutnya akan lebih baik. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Roudlotul Huda yang berjumlah 23 siswa, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan pembelajaran yang dilakukan memberikan dampak terhadap meningkatnya kreativitas pemecahan masalah. Data hasil lembar observasi kreativitas pemecahan masalah pada siklus I menunjukkan bahwa persentase jumlah siswa yang mempuyai kreativitas pemecahan masalah kategori minimal baik sebesar 47,82%. Sedangkan data hasil lembar observasi kreativitas pemecahan masalah pada siklus II menunjukkan peningkatan yaitu 78,26% artinya meningkat 30,44% disbanding siklus I.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Agus Prasetyo Kurniawan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Matematika |
||||||
Keywords: | Problem Based Learning; Pecahan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2016 07:59 | ||||||
Last Modified: | 21 Jan 2016 07:59 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3782 |
Actions (login required)
View Item |