PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM MENDESKRIPSIKAN PROSES PERUMUSAN DASAR NEGARA PANCASILA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VI DI MI DARUNNAJAH SIDOKUMPUL BUNGAH GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tolib, Tolib (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM MENDESKRIPSIKAN PROSES PERUMUSAN DASAR NEGARA PANCASILA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VI DI MI DARUNNAJAH SIDOKUMPUL BUNGAH GRESIK. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (970kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Belajar bertujuan untuk memberikan perubahan baik dari segi kognitif,psikomotoik, maupun afektif. Hasil belajar berupa kognitif berkaitan dengan aspek pengetahuan yang pada umumnya diperoleh diperoleh dari hasil tes. Permasalahan
yang muncul pada pembelajaran materi mendeskripsikan proses perumusan Dasar Negara Pancasila di kelas VI adalah berkaitan dengan hasil belajar aspek pengetahuan peserta didik secara klasikal belum memenuhi ketuntasan belajar. Hal
ini ditunjukkan dari hasil ulangan 14 peserta didik , 92,9 % ( tiga belas anak ) belum mencapai KKM yakni delapan puluh.
Menghadapi permasalahan ini, maka peneliti melakukan refleksi baik dari segi metode maupun media yang digunakan pada pembelajaran sebelumya melalui proses angket dan wawancara kepada peserta didik. Dari hasil refleksi tersebut ditemukan factor permasalahannya adalah penggunaan media yang kurang menunjang. Oleh karena itu, melalui konsultasi dengan teman sejawat dan mempelajari model – model pembelajaran yang inovatif, maka peneliti menentukan solusi pemecahan permasalahan ini dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture, dimana dalam model pembelajaran ini media berupa gambar – gambar yang relevan
sangat menunjang untuk menyampaikan materi.
Dari hasil pembelajaran yang dilaksanakan dalam dua siklus diperoleh data bahwa sebanyak 7 siswa ( 50 % ) telah mencapai ketuntasan belajar dan sebanyak 7 siswa ( 50 % ) belum mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan dari data hasil respon belajar siswa diperoleh bahwa sebanyak 9 siswa ( 64 % ) cukup aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, dan 5 siswa ( 36 % ) kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.. sedangkan dalam siklus II diperoleh data hasil evaluasi belajar siswa bahwa sebanyak 12 siswa ( 86 % ) telah mencapai ketuntasan belajar Sedangkan dari data hasil respon belajar siswa diperoleh bahwa sebanyak 4 siswa (29 % ) aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, 10 siswa ( 71 % ) cukup aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.
Berdasarkan data hasil belajar pada siklus I dan II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan telah mencapai ketuntasan belajar baik secara individu maupun secara klasikal sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil pembelajaran yang cukup signifikan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ni'matus Sholihah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tolib, TolibUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Perumusan Dasar Negara; Pembelajaran Picture
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2016 00:30
Last Modified: 22 Jan 2016 00:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3803

Actions (login required)

View Item View Item