PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS VI MI MIFTAHUL ULUM TUTUR-PASURUAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasani, Khasani (2014) PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS VI MI MIFTAHUL ULUM TUTUR-PASURUAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (995kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah: Untuk meningkatkan kemampuan menghitung volume bangun ruang pada siswa MI Miftahul Ulum Tutur Pasuruan tahun 2014 melalui pendekatan kontekstual.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas VI MI Miftahul Ulum Tutur Pasuruan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi/pengamatan, kajian dokumen, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1) ada peningkatan kemampuan menghitung volume bangun ruang setelah dilaksanakan tindakan kelas melalui pendekatan kontekstual. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan menghitung volume bangun ruang dari sebelum dan sesudah dilaksanakannya tindakan. Siklus I ada peningkatan kemampuan menghitung volume bangun ruang dari rata-rata 61,20 menjadi 68,60 dan dari pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 44% menjadi 72%. Siklus II terjadi peningkatan kemampuan menghitung volume bangun ruang dari rata-rata siklus I yaitu 68,60 menjadi 76,50 dan dari pencapaian KKM 72% menjadi 92%. (2) Cara mengatasi kendala yang terjadi dalam penerapan pendekatan kontekstual ini adalah: (a) pembentukan kelompok kerja dilakukan oleh siswa sendiri untuk mengatasi kendala kurang membaurnya siswa dalam mengerjakan tugas kelompok, (b) penggantian model dengan siswa yang jarang tampil di depan kelas
untuk mengatasi kendala kurangnya perhatian siswa terhadap model yang ditampilkan, (c) pembelajaran dengan penerapan pendekatan kontekstual, (d) penambahan motivasi dari guru untuk mengatasi kendala ketidak beranian siswa untuk bertanya.
Berdasarkan simpulan yang dibuat, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran Matematika melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menghitung volume bangun ruang pada siswa kelas VI MI Miftahul Ulum Tutur Pasuruan tahun 2014

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Liliek Channa
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasani, KhasaniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran Kontekstual; Bangun Ruang
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2016 01:57
Last Modified: 22 Jan 2016 01:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3813

Actions (login required)

View Item View Item