This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Novita, Dian Eka (2015) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ANTAR TEMAN PADA KOMPETENSI SIKAP SOSIAL (KI 2) MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMPN KECAMATAN WARU-SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (209kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah penilaian antar teman pada kompetensi sikap sosial (KI 2) mata pelajaran matematika yang dilakukan di SMPN 1 Waru dan SMPN 2 belum mampu menilai sikap sosial siswa secara teliti. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen Penilaian antar teman pada kompetensi sikap sosial berdasarkan pengembangan 7 dimensi sikap sosial Kurikulum 2013.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) yang dimodifikasi oleh Sukmadinata menjadi 3 tahap yaitu studi pendahuluan, pengembangan model dan uji coba/uji model. Subjek penelitian adalah guru matematika dan murid dari SMPN 1 Waru dan SMPN 2 Waru. Metode yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara serta kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi kualitatif dan analisis kuantitatif.
Dari studi pendahuluan disimpulkan bahwa penilaian sikap sosial dengan teknik antar teman yang dilakukan oleh guru matematika di SMPN 1 Waru dan SMPN 2 Waru sudah dilakukan sesuai Kurikulum 2013. Akan tetapi instrumen yang digunakan belum mampu menilai sikap sosial siswa secara teliti. Pengembangan awal instrumen penilaian sikap sosial (KI 2) dengan teknik antar teman sebanyak 58 butir dari 7 dimensi sikap sosial Kurikulum 2013 yang kemudian divalidasi oleh Dosen Bahasa dan guru matematika. Hasil validasi dosen dan guru menyatakan bahwa instrumen layak digunakan dengan beberapa revisi. Pelaksanaan uji coba melibatkan murid sejumlah 66 siswa. Dengan hasil uji analisis faktor yang digunakan untuk perbaikan kisi-kisi indikator dan hasil uji validitas menyatakan bahwa 11 item/butir pernyataan dinyatakan tidak valid (11%) dan 47 item/butir pernyataan dinyatakan valid (81%). Sedangkan untuk analisis reliabilitas instrumen dinyatakan reliabel dengan r = 0,929.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Suparto | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Kurikulum |
||||||
Keywords: | Kompetensi; Sosial; Matematika | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2016 02:14 | ||||||
Last Modified: | 22 Jan 2016 02:14 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3819 |
Actions (login required)
View Item |