This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Kholid, Muhamad Idham (2014) MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN KELAS VI MATA PELAJARAN IPA MATERI ROTASI DAN REVOLUSI SEMESTER 2 DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TANJUNGAN DRIYOREJO GRESIK. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (889kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (201kB) | Preview |
Abstract
Pada kondisi awal pembelajaran IPA di MITarbiyatul Islamiyah Tanjungan tahun ajaran 2014/2015 diketahui bahwa hasil belajar peserta didik masih rendah. Hal itu dapat dilihat dari analisis hasil evaluasi sehingga penulis terdorong untuk melakukan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus masalah ini dapat dirumuskan dengan pertanyaan apakah hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran I P A kelas VI semester 2 tahun ajaran 2014-2015 pada MI Tarbiyatul Islamiyah Tanjungan Driyorejo Gresik dapat ditingkatkan melalui Methode Demontrasi dan Eksperimen. Melalui penelitian ini penulis bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menerapkan Methode Demontrasi dan Eksperimen. Hipotesis penelitian ini adalah penerapan Methode Demontrasi dan Eksperimen dapat meningkatkan motifasi dan prestasi hasil belajar mata pelajaran IPA materi rotasi dan revolusi bumi kelas VI di MI Tarbiyatul Islamiyah Tanjungan Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik tahun ajaran 2014/2015 . Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus meliputi : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Faktor yang diteliti adalah motivasi dan hasil belajar dengan menggunakan Methode Demontrasi dan Eksperimen . Hasil penelitian ini membuktikan bahwa prosentase hasil belajar dalam pembelajaran meningkat. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil evaluasi rata-rata kelas 5,4, pada pra siklus menjadi 5,9 pada siklus I dan 7,9 pada siklus II. Ketuntasan belajar klasikal dari 34% pada pra siklus menjadi 58,75% pada siklus I dan 83,75% pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Methode Demontrasi dan Eksperimen di MI Tanjungan kelas VI dapat ditingkatkan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Methode Demontrasi dan Eksperimen dapat meningkatkan mptivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran I P A tentang rotasi dan revolusi kelas VI semester 1 tahun ajaran 2014/2015
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Yahya Aziz | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pembelajaran Pengajaran |
||||||
Keywords: | Motivasi Belajar; Methode Pembelajaran Demonstrasi; Eksperimen | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Users 18 not found. | ||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2016 02:20 | ||||||
Last Modified: | 22 Jan 2016 02:20 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3823 |
Actions (login required)
View Item |