This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mufidah, Lailatul (2015) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH YANG MEMPERHATIKAN METAKOGNISI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SPLDV. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (78kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi siswa Indonesia pada PISA yang diadakan 3 tahun sekali. Hasil PISA yang rendah tersebut tentunya disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya, yaitu siswa Indonesia pada umumnya kurang terlatih dalam menyelesaikan soal-soal dengan karakteristik seperti soal-soal PISA, yang substansinya kontekstual, menuntut penalaran, argumentasi dan kreativitas dalam menyelesaikannya. Dilain sisi, strategi pembelajaran yang dilakukan guru juga tidak banyak melatih siswa mencapai tujuan pendidikan pada level tertinggi. Karena literasi matematika dalam hal ini tidak identik dengan menghafal (memorization/rote learning) saja, namun membutuhkan pemahaman konsep yang mendalam. Sehingga siswa ketika menghadapi permasalahan yang kompleks maka guru harus memperhatikan kesadaran siswa yang meliputi planning, monitoring, dan evaluation. Sehingga dalam penelitian, peneliti tertarik untuk mengembangkan pembelajaran pembelajaran matematika berbasis masalah yang memperhatikan metakognisi untuk meningkatkan literasi matematis siswa SMP pada materi SPLDV.
Pengembangan perangkat ini mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari lima fase pengembangan, namun penelitian ini hanya dilakukan sampai pada fase tes, evaluasi, dan revisi. Pengembangan pada penelitian ini meliputi RPP dan LKS. Uji coba dilakukan pada 43 siswa kelas akselerasi VIII A dan VIII B di SMPN 1 Sidoarjo. Data yang diperoleh selama penelitian ini berupa hasil aktivitas siswa, keterlaksanaan sintaks pembelajaran, nilai pre-test dan post-test. Data berupa nilai pre-test dan post-test akan diolah uji statistik Mann-Whitney Test.
Data penelitian dianalisis dan diperoleh data sebagai berikut: kevalidan RPP dengan rata-rata penilaian (3,52), kevalidan LKS dengan rata-tara penilaian (4,04), dari masing-masing perangkat pembelajaran tersebut dinilai praktis oleh para ahli, dengan penilaian "B", yang artinya bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan dengan sedikit revisi, aktifitas siswa dinyatakan efektif dengan persentase yang mendukung KBM lebih besar daripada persentase yag tidak mendukung KBM, keterlaksanaan sintaks dinyatakan efektif dengan rata-rata 3,47, respon siswa dinyatakan positif dengan rata-rata total 93%, dan Hasil rata-rata pre-test dan post-test yang menunjukkan terjadi peningkatan Literasi matematis siswa, diaman siswa kelas ekperimen sebesar 15,70 lebih besar dari pada kelas kontrol sebesar 9,76
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Maunah Setyawati | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran | ||||||
Keywords: | Metakognisi; Pembelajaran; Matematika | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2016 03:00 | ||||||
Last Modified: | 22 Jan 2016 03:00 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3836 |
Actions (login required)
View Item |