Peningkatan Hasil Belajar Tema 2 Sub Tema 3 Energi Alternatif Menggunakan Media Miniatur Kincir Angin Pada Siswa Kelas Iv Mi Hidayatul Mubtadiin Plosoklaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktaviana, Siska (2019) Peningkatan Hasil Belajar Tema 2 Sub Tema 3 Energi Alternatif Menggunakan Media Miniatur Kincir Angin Pada Siswa Kelas Iv Mi Hidayatul Mubtadiin Plosoklaten Kediri. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Siska Oktaviana_D07216038.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahanya hasil belajar siswa kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Plosokalten Kediri pada mata pelajaran Tema 2 Sub Tema 3 Energi Alternatif. Berdasarkan pra siklus dari 18 anak hanya 7 anak yang tuntas dan 11 anak belum tuntas. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Penggunaan media miniatur kincir angin dalam meningkatkan hasil belajar Tema 2 Sub Tema 3 Energi Alternatif bagi siswa kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Plosoklaten Kediri. 2) Peningkatan hasil belajar Tema 2 Sub Tema 3 Energi Alternatif setelah menggunakan media miniatur kincir angin bagi siswa kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Plosoklaten Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode PTK yang digunakan dalam penelitiantian adalah model Kurt lewin yang didalamnya terdapat 4 tahapan pelaksanaan yakni perencanaan, observasi, tindakan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Plosokalten kediri terdiri dari 18 siswa. Pengumpulan data dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) penggunaan media miniatur kincir angin telah dilakukan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yakni 77,7 meningkat pada siklus II menjadi 83,3. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yakni 76,7 meningkat menjadi 83,9 pada siklus II. Jumlah siswa yang tuntas pada siklus I yakni 14 siswa meningkat menjadi 16 siswa pada siklus II. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus yakni 70,59 meningkat pada siklus I yakni 79,46 menjadi 87,38 pada siklus II. Presentase ketuntasan siswa pra siklus hanya 38,9% meningkat pada siklus I menjadi 77,7% dan meningkat pada siklus II mencapai 88,8%. Siklus II sudah mencapai indikator kinerja ≥ 80 dan ≥80% sehingga penelitian ini dikatakan berhasil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktaviana, Siskasiskaoktaviana393@gmail.comD07216038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWAKHIDAH, NURUNSPECIFIED197212152002122002
Thesis advisorWAHYUNIATI, WAHYUNIATIUNSPECIFIED198504292011012010
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Hasil belajar; Energi Alternatif; Miniatur Kincir Angin.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siska Oktaviana Oktaviana
Date Deposited: 07 Jan 2020 01:25
Last Modified: 07 Jan 2020 01:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38389

Actions (login required)

View Item View Item