This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nadhiroh, Layli Fatimatun (2019) Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di MTs At Tauhid. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Layli Fatimatun Nadhiroh_D74213070.pdf Download (4MB) |
Abstract
Guru merupakan faktor utama yang berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam belajar, sehingga dibutuhkan guru yang kreatif dan mampu mengelola kelas dengan baik. Dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat memberikan pengalaman belajar dan pengalaman intelektual bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran model kooperatif tipe TGT dengan pendekatan CTL.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-C MTs At Tauhid Surabaya pada sub pokok bahasan SPLDV pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengamatan untuk mengamati aktivitas guru dan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung, metode angket yang digunakan untuk mengetahui respon siswa setelah diterapkan pembelajaran model kooperatif tipe TGT dengan pendekatan CTL, metode tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran yang diterapkan. Dari analisis data di peroleh hasil sebagai berikut: aktifitas guru dalam mengelola pembelajaran dikatakan efektif karena memperoleh rata-rata 3,69. Aktivitas siswa memperoleh prosentase 95,32% untuk kategori aktif, begitu juga dengan respon positif siswa memperoleh prosentase sebesar 96,67%. Adapun ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan dapat dikatakan tuntas dengan prosentase ketuntasan belajar keseluruhan sebesar 88%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | pembelajaran kooperatif; Teams Games Tournament; pendekatan Contextual Teaching and Learning. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Layli Fatimatun Nadhiroh | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Jan 2020 02:24 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Jan 2020 02:24 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38440 |
Actions (login required)
View Item |