This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nuzula, Nikmatul Firdausi (2019) Profil kemampuan berpikir aljabar siswa dalam memecahkan masalah aljabar ditinjau dari gaya belajar Kolb. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nikmatul Firdausi Nuzula_D74213082.pdf Download (8MB) |
Abstract
Berpikir aljabar dalam pemecahan masalah yaitu dengan menggunakan pendekatan-pendekatan pemecahan masalah yang mungkin dapat dilakukan dengan memperbanyak latihan-latihan dalam pembelajaran dikelas. Setiap gaya belajar berpengaruh pada proses kemampuan berpikir siswa. Gaya belajar menurut Kolb adalah kecenderungan seseorang untuk menerima dan mengolah informasi yang dipengaruhi oleh lingkungan yang diciptakan. Terdapat 4 macam gaya belajar menurut Kolb yaitu converger, diverger, assimilator dan accomodator. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir aljabar siswa dalam memecahka masalah aljabar berdasarkan gaya belajar Kolb. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah 4 siswa dari kelas VII-B dan VII-I SMPN 3 Unggulan Darul Ulum Jombang yang dipilih berdasarkan skor gaya belajar dan rekomendasi guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen angket gaya belajar, tes tertulis kemampuan berpikir aljabar dan wawancara. Sedangkan teknik analisis yang digunakan berdasrkan pada hasil data yang diperoleh. Hasil analisis data menghasilkan: (1)Kemampuan berpikir aljabar siswa yang memiliki gaya belajar converger dalam memecahkan masalah aljabar adalah mampu memenuhi seluruh aspek indikator komponen berpikir aljabar dan berada pada tahap perkembangan berpikir aljabar yang generalization. (2)Kemampuan berpikir aljabar siswa yang memiliki gaya belajar diverger dalam memecahkan masalah aljabar adalah mampu memenuhi seluruh aspek indikator komponen berpikir aljabar dan berada pada tahap perkembangan berpikir aljabar yang abstrak generalization. (3) Kemampuan berpikir aljabar siswa yang memiliki gaya belajar assimilator dalam memecahkan masalah aljabar adalah mampu memenuhi 3 indikator dari 4 indikator yang ada pada komponen berpikir aljabar dan berada pada tahap perkembangan berpikir aljabar yang formal pattern. (4) Kemampuan berpikir aljabar siswa yang memiliki gaya belajar assimilator dalam memecahkan masalah aljabar adalah mampu memenuhi 3 indikator dari 4 indikator yang ada pada komponen berpikir aljabar dan berada tahap perkembangan berpikir aljabar yang formal pattern
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | Berfikir Aljabar; Gaya Belajar Kolb | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Nikmatul Firdausi Nuzula | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Jan 2020 02:21 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Dec 2021 10:32 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38451 |
Actions (login required)
View Item |