Penerapan pembelajaran matematika menggunakan metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) di SMP YPP Nurul Huda Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masfufah, Nur Aini (2019) Penerapan pembelajaran matematika menggunakan metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) di SMP YPP Nurul Huda Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Aini Masfufah_D04213026.pdf

Download (6MB)

Abstract

Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) adalah metode yang digunakan untuk memecahkan masalah yang dilisankan dengan keras sehingga siswa dapat mengungkapkan alasannya dan dikerjakan secara berpasangan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, dan respon siswa terhadap penerapan metode TAPPS.Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-A SMP YPP Nurul Huda Surabaya pada sub pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar aktivitas siswa dan lembar angket respon siswa setelah pembelajaran.Data penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: 1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan metode TAPPS memperoleh skor rata-rata 3,5 dan termasuk dalam kategori baik; 2) Persentase aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran sebesar 93% dan termasuk dalam kategori sangat aktif; 3) Persentase respon siswa sebesar 85,55% yang dapat dikatakan sangat positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masfufah, Nur Aininuraini27m@gmail.comD04213026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, SutiniUNSPECIFIED197701032009122001
Thesis advisorYanti, Aning WidaUNSPECIFIED198012072008012010
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Pembelajaran Matematika; Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS).
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Aini Masfufah
Date Deposited: 07 Jan 2020 03:30
Last Modified: 07 Jan 2020 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38460

Actions (login required)

View Item View Item