This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ghozali, Achmad (2019) Pengelolaan perpustakaan dalam pengembangan program gerakan literasi sekolah di MI Al-Hidayah Margorejo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN-Sunan Ampel Surabaya.
Text
Achmad Ghozali_D93215061.pdf Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengelolaan Perpustakaan dalam Pengembangan Program Gerakan Literasi Sekolah di MI Al-Hidayah Margorejo Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai pengelolaan perpustakaan dalam pengembangan program gerakan literasi sekolah. Pendekaatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti mendalami fenomena-fenomena yang terjadi dilapangan, kemudian menggambarkan dalam bentuk kata-kata dan kalimat. Metode yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan di lapangan menunjukkan bahwa dalam pengelolaan perpustakaan di MI Al-Hidayah Margorejo Surabaya telah melaksanakan dengan baik. Pada tahap perencanaan, sekolah menggunakan panduan PERMENDIKBUD tahun 2015, PERDA dan PERWALI sebagai landasan. Pada tahap pengorganisasian, terdapat pembentukan struktur organisasi perpustakaan dan Visi Misi Perpustakaan. Pada tahap pelaksanaan, seluruh elemen sekolah melaksanakan pengelolaan perpustakaan yang telah diciptakan berupa program Revitalisasi perpustakaan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa MI Al-Hidayah Margorejo Surabaya telah melaksanakan salah satu dari program Gerakan Literasi Sekolah, yakni revitalisasi perpustakaan dengan baik dan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya. Kegiatan revitalisasi perpustakaan dilaksanakan dalam bentuk revitalisasi fisik, revitalisasi administrasi, dan revitalisasi SDM. Pada kegiatan revitalisasi fisik, implementasinya dengan adanya penataan ruang, serta renovasi sudut baca dan mading kelas. Pada kegiatan revitalisasi administrasi, implementasinya melalui pelabelan buku, pengindukan buku, dan buku kunjung perpustakaan. Sedangkan pada tahap revitalisasi SDM, implementasinya adalah dengan mengikuti pelatihan dan seminar. Adapun faktor pendukungnya ialah adanya kerjasama dari seluruh elemen sekolah, adanya tim khusus untuk mengelola perpustakaan, dan kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan stakeholder terkait. Dan penghambatnya ialah terbatasnya buku bacaan dan tidak adanya tenaga ahli (pustakawan).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan | ||||||||||||
Keywords: | Pengelolaan Perpustakaan; dan Gerakan Literasi Sekolah. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with email achmadghozali631@gmail.com | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Jan 2020 03:07 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Jan 2020 03:07 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38639 |
Actions (login required)
View Item |