This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Suripto, Suripto (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENENTUKAN FPB DAN KPK MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POHON FAKTOR SISWA KELAS V MI HAYATUL AFKAR TLOGOGEDE BALONGPANGGANG KABUPATEN GRESIK. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (16MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (609kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (809kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (738kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (738kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (239kB) | Preview |
Abstract
Dalam kegiatan pembelajaran pra siklus fakta yang ditemukan oleh peneliti di MI Hayatul Afkar menunjukkan bahwa proses pembelajaran mata pelajaran Matematika dengan materi menentukan FPB dan KPK di kelas V belum optimal sehingga materi yang disajikan menjadi tidak tuntas. Hal ini terlihat dari prosentase ketuntasan belajarnya, dari 8 siswa hanya 2 siswa dan 6 siswa lainnya belum tuntas, sehingga tingkat ketuntasan belajar mata pelajaran Matematika kelas V sekitar 25 %. Berdasarkan data yang diperoleh diatas peneliti memperbaiki pembelajaran dengan mengadakan suatu penelitian tindakan kelas (PTK).
Media “pohon faktor” adalah Suatu alat/media yang digunakan untuk mempermudah guru dalam menjelaskan materi pembelajaran, menarik perhatian siswa sewaktu guru menjelaskan materi pembelajaran, menggugah keinginan siswa untuk mencoba sehingga lebih meningkatkan minat mereka dalam belajar, merangsang daya fikir siswa dalam menyelesaikan pemecahan soal. Pengertian faktor adalah suatu bilangan yang dapat tepat membagi (tanpa sisa) suatu bilangan lain. KPK adalah perkalian faktor-faktor prima yang bilangan pokoknya berbeda dan mempunyai pangkat terbesar. FPB adalah bilangan terbesar yang habis membagi dua bilangan atau lebih. Pengumpulan data pada siklus pertama lebih terperinci dalam memperoleh data antara lain, dari aktivitas siswa dalam pembelajaran, data aktivitas guru dalam pembelajaran, data kemampuan siswa dalam memahami materi tentang menentukan FPB dan KPK
Pembelajaran dengan menggunakan media “pohon faktor” dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran, hal ini terlihat dari kegiatan siswa yang semakin meningkat pada siklus 2 dibanding siklus 1. Selain itu pembelajaran dengan media “pohon faktor” memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus 1 (50 %) dan siklus 2 (100 %).
Penerapan media “pohon faktor” mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika menentukan FPB dan KPK
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Irma Soraya | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pengajaran |
||||||
Keywords: | Media pohon faktor; PTK | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Users 18 not found. | ||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2016 07:34 | ||||||
Last Modified: | 22 Jan 2016 07:34 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3872 |
Actions (login required)
View Item |