PENGARUH CERITA TERHADAP KETERAMPILAN BICARA ANAK DI TK AL-HIDAYAH WARU SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Nur (2014) PENGARUH CERITA TERHADAP KETERAMPILAN BICARA ANAK DI TK AL-HIDAYAH WARU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

TK Al-Hidayah adalah salah satu lembaga pendidikan yang ada di Waru Sidoarjo. Pada observasi awal terlihat beberapa anak masih belum mampu menjawab pertanyaan sederhana yang diajukan oleh guru; masih belum berani berkomunikasi secara lisan dengan guru maupun temannya; masih didapati anak yang kurang mengenal simbol huruf untuk membaca. Salah satu cara untuk meningkatkan ketrampilan bicara adalah dengan memberikan cerita bergambar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cerita terhadap keterampilan berbicara anak di TK Al-Hidayah Waru Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan pendekatan Pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa TK B Al-Hidayah Waru sebanyak 36 anak. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh. 36 anak terbagi menjadi dua kelas yakni TK B 1 dan TK B 2 dengan jumlah masing-masing kelas sebanyak 18 anak. TK B1 sebagai kelompok kontrol dan TK B 2 sebagai kelompok eksperimen. Pengumpulan data menggunakan observasi terstruktur.
Analisis data menggunakan teknik analisis non parametrik Wilcoxon Signed Ranks Test dan Mann-Whitney U Test, dengan menggunakan program computer SPSS versi 16. Didapatkan hasil tidak terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberika perlakuan pada kelompk control. Tetapi untuk kelompok eksperimen signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 dengan rata-rata (mean) ketrampilan bicara anak sesudah diberikan perlakuan ceita sebesar 19,111, lebih tinggi dibanding dengan rata-rata (mean) ketrampilan bicara anak sebelum diberikan perlakuan sebesar 16,444, hal ini berarti bahwa cerita secara efektif berpengaruh terhadap peningkatan ketrampilan bicara anak pada kelompok eksperimen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sjahudi Sirodj
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi
Psikologi > Psikologi Anak
Keywords: Ketrampilan Bicara; Cerita Bergambar; TK Al-Hidayah Waru
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2015 02:11
Last Modified: 09 Feb 2015 02:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/388

Actions (login required)

View Item View Item