This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Jamaluddin, Ahmad (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB ADABU SULUKIL MURID KARYA HABIB ABDULLAH ALAWI AL-HADAD DALAM PERSPEKTIF ILMU PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (756kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (683kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (270kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memfokuskan kajiannya pada dua rumusan masalah, yaitu: (1). Bagaimana pemikiran Habib Abdullah Alawi Al-Hadad tentang pendidikan akhlak dalam kitab Adabu Sulukil Murid?, (2). Bagaimana perspektif ilmu pendidikan Islam terhadap pemikiran Habib Abdullah Alawi Al-Hadad tentang pendidikan akhlak dalam kitab Adabu Sulukil Murid?.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumenter, reading, writing, dan editing. sebagai cara untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Setelah semua data terkumpul, selanjutnya peneliti menggunakan teknik berupa analisis deduktif dan content analysis, analisis deduktif bertujuan untuk menguraikan beberapa data yang bersifat umum yang kemudian ditarik ke ranah khusus atau kesimpulan yang pasti. Sedangkan content analysis digunakan untuk pengolahan data dan pemilahan pembahasan dari beberapa gagasan. Selanjutnya dikelompokan dengan data yang sejenis, dan dianalisa isinya secara kritis guna mendapatkan formulasi yang kongkrit dan memadai, sehingga pada akhirnya penulis pergunakan sebagai langkah dalam mengambil kesimpulan sebagai jawaban dari rumusan masalah yang ada.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa komponen-komponen pendidikan akhlak dalam kitab Adabu Sulukil Murid dalam hal ini tujuan pendidikan, pendidik (guru), peserta didik (murid), alat-alat pendidikan yang meliputi kurikulum, materi kurikulum, dan metode pengajaran. Yang sudah diteropong mengunakan ilmu pendidikan Islam, teryata dalam tingkat aplikatifnya mempunyai persamaan dengan komponen-komponen yang ada pada ilmu pendidikan Islam, baik dari segi pengertian, isi, maupun fungsinya. Sehingga ilmu pendidikan Islam dalam hal ini memilki fungsi memperkuat dan memperjelas pemikiran Habib Abdullah Alawi Al-Hadad tentang pendidikan akhlak dalam kitab Adabu Sulukil Murid tersebut
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | M. Mustofa | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Akhlak Pendidikan > Perilaku |
||||||
Keywords: | Akhlak; Adabu Sulukil Murid | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 25 Jan 2016 03:15 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2016 03:15 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3909 |
Actions (login required)
View Item |