This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Maulydia, Riske Agustina (2015) PENGGUNAAN METODE BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PERLAWANAN MENENTANG PENJAJAHAN BELANDA PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF DURUNGBANJAR SIDOARJO. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (565kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (627kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (881kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (276kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V MI Ma’arif Durungbanjar Sidoarjo pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi perlawanan menentang penjajahan Belanda. Hal ini dikarenakan guru menggunakan metode yang monoton yaitu ceramah, akibatnya siswa sulit memahami materi yang disampaikan dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui penggunaan metode Buzz Group yang dapat meningkatkan hasil belajar materi perlawanan menentang penjajahan Belanda pada siswa kelas V MI Ma’arif Durungbanjar Sidoarjo: (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi perlawanan menentang penjajahan Belanda menggunakan metode Buzz Group pada siswa kelas V MI Ma’arif Durungbanjar Sidoarjo.
Untuk memperoleh hasil yang diharapkan, peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat komponen yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes.
Berdasarkan kegiatan penelitian ini, diperoleh hasil: (1) Pelaksanaan metode Buzz Group dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas V MI Ma’arif Durungbanjar Sidoarjo telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan RPP yang sudah dibuat. Hal ini dapat dilihat pada hasil skor observasi aktivitas guru meningkat dari siklus 1 sebesar 64 (cukup) sedangkan pada siklus 2 menjadi 90 (baik). Hasil observasi pada aktivitas siswa meningkat dari siklus 1 sebesar 65 (cukup) sedangkan pada siklus 2 menjadi 94 (sangat baik). Penerapan metode Buzz Group yang disertai dengan tindakan guru yang maksimal dalam membimbing siswa lebih efektif, karena hasil yang didapatkan lebih meningkat; (2) Terdapat peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS materi perlawanan menentang penjajahan Belanda di kelas V MI Ma’arif Durungbanjar Sidoarjo dengan menerapkan metode Buzz Group terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada pra siklus nilai rata-rata siswa 57, 2 dengan persentase ketuntasan 27,2 %. Pada siklus 1 nilai rata-rata yang didapatkan siswa 66,97 (tidak baik) dengan persentase ketuntasan 36,36%, sedangkan nilai rata-rata siswa pada siklus 2 diperoleh 82,57 (baik) dengan persentase ketuntasan 90 %
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Irfan Tamwifi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pengajaran |
||||||
Keywords: | Peningkatan Hasil Belajar; Metode buzz group | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Users 18 not found. | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2016 00:44 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2016 00:44 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3949 |
Actions (login required)
View Item |