This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Istiharoh, Istiharoh (2015) THE STUDENTS` ABILITY TO THINK CRITICALLY IN CRITICAL READING CLASS AT ENGLISH TEACHER EDUCATION DEPARTMENT OF FACULTY OF EDUCATION AND TEACHER TRAINING OF STATE ISLAMIC UNIVERSITY OF SUNAN AMPEL SURABAYA 2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (441kB) | Preview |
Abstract
Berfikir kritis memberikan banyak kontribusi terhadap keberhasilan proses membaca seseorang. Mempunyai kemampuan berfikir kritis yang baik akan membuat mahasiswa menjadi kreatif dan aktif. Mahasiswa tersebut tidak akan pernah tau kemampuan mereka dalam berfikir kritis tanpa mengukurnya. Mahasiswa bahasa inggris dapat mengukur kemampuan mereka dalam berfikir kritis melalui membaca. Karena membaca adalah salah satu cara penting untuk memperoleh pengetahuan, maka penting bagi mahasiswa untuk mempunyai kemampuan berfikir kritis dan yang berkaitan dengan hal tersebut untuk keberhasilan membaca mereka. Berkaitan dengan hal ini, peneliti meaksanakan penelitian tentang kemampuan mahasiswa dalam berfikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampun mahasiswa dalam berfikir kritis di kelas membaca kritis.
Pendekatan deskriptif kuantitatif digunakan untuk menemukan jawaban dari penelitian ini. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh populasi yang tediri dari 30 mahasiswa. Dalam proses pengumpulan data, pertama peneliti memberikan tes berfikir kritis kepada mahasiswa untuk mengetahui kemampuan mereka dalam berfikir kritis yang dilihat dari segi luar. Kemudian, peneiti meminta mahasiswa untuk mengisi angket untuk mengetahui kemampuan mereka dalam berfikir kritis yang dilihat dari segi dalam. Angket tersebut merupakan refleksi setelah mengerjakan tes berfikir kritis dan penilaian diri sendiri bagi mahasiswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini, dapat dilihat bahwa nilai t-tabel (1,699) lebih tinggi dari nilai t-hitung(-7,352) yang berarti bahwa Ha ditolak dan Ho diterima. Hal tersebut berarti kurang dari 70% mahasiswa di kelas membaca kritis jurusan pendidikan bahasa inggris fakultas tarbiyah dan keguruan UIN sunan ampel Surabaya memiliki kemampuan berfikir kritis baik.
Rata-rata dari nilai tes berfikir kritis mahasiswa adalah 13,17 yang mana level yang tertinggi adalah 32. Hal tersebut berarti bahwa kemampuan berfikir kritis mahasiswa adalah rendah karena nilai yang mereka dapatkan adalah dibawah 50% dari level yang tertinggi. Dapat dikatakan bahwa kemampuan berfikir kritis mahasiswa yang dilihat dari segi luar adalah rendah. Kemampuan mahasiswa dalam berfikir kritis yang dilihat dari segi dalam adalah pada level mengembangkan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Arbaiyah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Inggris | ||||||
Keywords: | Ability; Critical Thinking | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2016 01:42 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2016 01:42 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3952 |
Actions (login required)
View Item |