This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nuriza, Khusnul Isma (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) MATERI JARING - JARING KUBUS SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH 23 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (391kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa terhadap pelajaran matematika. Rendahnya hasil belajar dikarenakan pendekatan pembelajaran yang kurang sesuai. Untuk meningkatkan hasil belajar matematika diambil pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yang dilakukan dalam 2 siklus.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar matematika pada materi jaring – jaring kubus sebelum diterapkannya PMRI siswa kelas V MI Muhammadiyah 23 Surabaya? (2) Bagaimana penerapan PMRI pada mata pelajaran matematika materi jaring – jaring kubus siswa kelas V MI Muhammadiyah 23 Surabaya? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika materi jaring – jaring kubus setelah diterapkannya PMRI siswa kelas V MI Muhammadiyah 23 Surabaya?
Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yakni, (1)Perencanaan (2)Tindakan (3)Observasi dan (4)Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes hasil belajar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktifitas guru dan siswa, lembar wawancara dan soal tes belajar. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif yang diuraikan secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut:(1) Hasil belajar matematika materi jaring – jaring kubus sebelum diterapkannya pendekatan PMRI yaitu nilai rata – rata kelas sebesar 63,12 (rendah). Prosentase ketuntasan kelas dengan angka ketuntasan 35 % dan angka ketidaktuntasan 65 %. (2) Penerapan pendekatan PMRI dapat dilaksanakan dengan baik melalui perbaikan pada tiap siklus. Hal ini dapat diketahui dari pembuktian pada aktivitas yang dilaksanakan oleh guru dan siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hasil siklus aktivitas guru pada siklus 1 yaitu 88,5 (baik) meningkat menjadi 93 (sangat baik) pada siklus II. Begitu pula pada aktivitas siswa siklus 1 meningkat dari skor 78,9 (cukup) menjadi 89 (baik) pada siklus II. (3) Peningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan pendekatan PMRI dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus yaitu 63,12 (rendah), pada siklus I meningkat menjadi 77,2 (cukup) dan siklus II meningkat lagi menjadi 87,8 (baik). Dapat dilihat juga pada peningkatan prosentase ketuntasan kelas yaitu pada pra siklus sebesar 35 %, pada siklus I meningkat menjadi 76,5 % dan siklus II sebesar 94,4 %.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Wahyuniati | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar | ||||||
Keywords: | Kubus; Matematika; Hasil Belajar; PMRI | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2016 02:01 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2016 02:01 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3956 |
Actions (login required)
View Item |