Negara, Ideologi dan Pendidikan dalam pandangan Antonio Gramsci dan Louis Althusser

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anshori, Isa (2009) Negara, Ideologi dan Pendidikan dalam pandangan Antonio Gramsci dan Louis Althusser. HALAQA: Jurnal Kependidikan dan KeIslaman, 8 (1). pp. 1-100. ISSN 1412-9302

[img] Text
Isa Anshori_Negara, Ideologi dan Pendidikan dalam Pandangan Gramcy dan Althusser.pdf

Download (4MB)

Abstract

Antonio Gramsci dan Louis Althusser melihat negara sebagai institusi kekuasaan, ideologi dan pendidikan sebagai alat kekuasaan. Bedanya Gramsci melihat penguasa negara melalui "hegemoni", yakni pendudukan ide, nilai, pemikiran, dan sebagainya. Sedangkan Althusser melihat penguasaan negara melalui mekanisme "represif" dan "ideologis". Hubungan keduanya bisa dilihat pada cara kerja RCA dan ISA sebagimana yang dikemukakan oleh Althusser. Hegemoni berjalan melalui logika perangkat negara ideologis (ISA) dan perangkat negara represif (RSA). Gramsci melihat pendidikan sebagai salah satu alat organiser bagi hegemoni, demikian halnya Althusser melihat pendidikan sebagai perangkat negara yang ideologis (ISA) paling efektif untuk melaksanakan fungsi negara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anshori, Isaisaanshori67@gmail.com2006056701
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIED., .UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi
Keywords: Negara; Ideologi; Pendidikan
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: Dr., M.Si. Isa Anshori
Date Deposited: 31 Mar 2020 01:26
Last Modified: 31 Mar 2020 01:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39586

Actions (login required)

View Item View Item