This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Chamidah, Umi (2015) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III MI AS-SHIBYAN GRESIK MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BERSUSUN DENGAN METODE COURSE REVIEW HORAY. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (658kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (313kB) | Preview |
Abstract
terhadap pelajaran matematika. Motivasi belajar yang sangat rendah ini diduga bahwa kurangnya variasi metode dalam pembelajaran. Untuk meningkatkan motivasi belajar matematika diambil tindakan pembelajaran menggunakan metode Course Review Horayyang dilakukan dalam 2 siklus.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode Course Review Horay dalam meningkatkan motivasi belajar perkalian bersusun pada siswa kelas III MI As-Shibyan Dampaan Cerme Gresik. (2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar perkalian bersusun dengan pengunaan metode Course Review Horay pada siswa kelas III MI As-Shibyan Dampaan Cerme Gresik.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahuipenerapan metode Course Review Horay dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III MI As-shibyan Dampaan Cerme Gresik pada materi perkalian bersusun. (2) untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar pada siswa kelas III MI As-Shibyan Dampaan Cerme Gresik melalui motivasi belajar dengan metode Course Review Horay materi perkalian bersusun. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yakni, 1)Perencanaan,(2)Tindakan,(3)Observasi, dan(4)Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket motivasi belajar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktifitas guru dan siswa, lembar wawancara dan butir-butir angket motivasi belajar. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif yang diuraikan secara deskriptif dan analisis data kualitatif.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut:(1) penerapan metode Course Review Horay pada siswa kelas III MI As-Shibyan Gresik telah dilakukan dengan baik melalui berbagai perbaikan dari tiap refleksi pada tiap siklus. Hal ini dapat dilihat pada skor akhir aktivitas guru meningkat dari 83 (baik) pada siklus I menjadi 93 (sangat baik) pada siklus II. Begitu pula pada aktivitas siswa meningkat dari skor 73 (rendah) pada siklus I menjadi 88 (baik) pada siklus II. (2) penerapan metode Course Review Horay pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang terlihat dari peningkatan nilai rata-rata motivasi belajar siswa pada pra siklus adalah 63,31 (motivasi sangat rendah); siklus I sebesar 74,68 (motivasi rendah) dan siklus II 82,35 (motivasi tinggi). Prosentase peningkatan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi atau sangat tinggi sebelum dilakukan siklus sebesar 6,25%, siklus I sebesar 62,5% dan siklus II sebesar 82,35%. Demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Course Reviw Horay dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas III MI As-Shibyan Gresik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Wahyuniati | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Motivasi Belajar | ||||||
Keywords: | Course Review Horay; Motivasi Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2016 03:17 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2016 03:17 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3971 |
Actions (login required)
View Item |