This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Febriandari, Rizqy (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN METODE PAIR CHECK SISWA KELAS III SD AL FATAH SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (717kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (301kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini berdasarkan pada saat pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam khususnya pada hasil belajar dengan materi sumber energi dan kegunaannya kurang memenuhi KKM dikarenakan penggunaan metode pembelajaran yang tidak efektif dan variatif. Dengan penerapan metode pair check melalui penelitian tindakan kelas diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SD Al Fatah Surabaya.
Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran pair check pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas III SD Al Fatah Surabaya; 2) Bagaimana peningkatan kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaanya dengan menggunakan metode pair check di SD Al Fatah Surabaya.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan sebelumnya dilakukan pra siklus untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum adanya penelitian tindakan kelas. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah pesertasiswa III SD Al Fatah Surabaya yang berjumlah 20 anak. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumentasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertama, penerapan metode pembelajaran Pair Check berjalan dengan baik melalui perbaikan-perbaikan pada tiap siklus. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan aktivitas guru pada pra siklus mencapai 67,5 siklus I mencapai 70,35 dan siklus II mencapai 83,14 sedangkan aktivitas siswa pada pra siklus mencapai 65 siklus I mencapai 76,10 dansiklus II mencapai 90,80 dalam proses belajar mengajar dari setiap siklus. Kedua, dengan menggunakan metode pembelajaran Pair Check dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi siswa kelas III pada materi sumber energi dan kegunaannya matapelajaran IPA, hal ini terbukti berdasarkan hasil belajar yang dicapai siswa pada materi sumber energi dan kegunaannya sangat baik. Dimana adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa (dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata kelasnya) dari pra siklus yaitu 53,5 pada siklus1 yaitu 64,8 meningkat menjadi 76,5 pada siklus II. Selain itu prosentase ketuntasannya pun meningkatdari 35% di prasiklus, 60% di siklus I menjadi 85% di siklus II
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Evi Fatimatur Rusydiyah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar | ||||||
Keywords: | Sumber Energi; Pair Check; Hasil Belajar; IPA | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2016 04:40 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2016 04:40 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3997 |
Actions (login required)
View Item |