This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mundzir, M. (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PADA MATERI MEMBIASAKAN AKHLAK TERPUJI MELALUI METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS V MI KHOIRUL RIDWAN SURABAYA. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (491kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode sosiodrama dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak pada materi membiasakan Akhlak Terpuji kelas V MI Khoirul Ridwan Surabaya Tahun Pealajaran 2014/2015, dan untuk mengetahui apakah penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak pada materi membiasakan Akhlak terpuji kelas V MI Khoirul Ridwan Surabaya Tahun Pelajaran 2014/2015.
Desain penelitian ini adalah tindakan dengan subyek penelitian siswa kelas V MI Khoirul Ridwan Semampir Surabaya sebanyak 15 orang.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi, tes tertulis individual pada akhir pembelajaran, dan melihat dokumentasi nilai mata pelajaran Aqidah Akhlak sebelum penerapan metode sosiodrama, data yang diperoleh dari dokumentasi nilai mata pelajaran Aqidah Akhlak sebelum penerapan metode sosiodrama dan nilai rata-rata tes tertulis akhir pembelajaran tiap-tiap siklus dengan penerapan metode sosiodrama dianalisis menggunakan kualitatif deskriptif. Penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas V MI Khoirul Ridwan Surabaya Yaitu Siklus I 40%, siklus II 55 % dan siklus III 78%. Penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas V MI Khoirul Ridwan Surabaya Yaitu dari 65% menjadi 83% atau meningkat 18 poin.
Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan positif yang signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan metode sosiodrama dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Jadi hipotesis yang penulis ajukan” Peningkatan Hasil Belajar Aqidah Akhlak pada Materi Membiasakan Akhlak Terpuji Melalui Metode Sosiodrama pada Siswa Kelas V MI Koirul Ridwan Surabaya” terbukti kebenarannya. Hal ini terbukti hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata tes tertulis siswa meningkat
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Husniyatus Salamah Zainiyati | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pengajaran |
||||||
Keywords: | Sosiodrama; Aqidah Akhlak | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Users 18 not found. | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2016 04:53 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2016 04:53 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3998 |
Actions (login required)
View Item |