This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ulum, Bahrul (2015) I'DAAD MAWAAD TA'LIM AL NAHW AL ARABII FI DHAU' AL NADZARIYAH AL TAULIDIYAH WA AL TAHWIILIYAH : AL BAHTS WA AL TATHWIIR MA'A AL TABIIQ ALA THULAB MUSTAWA AL TSAANII FII QISM AL LUGHAH AL ARABIYAH WA ADABIHAA BI KULLIYAH AL AADAAB WA AL ULUUM AL INSANIYAH BIJAAMIAH SUNAN AMPEL AL ISLAMIYAH AL KHUKUMIYAH SURABAYA INDONESIA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Abstrak.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (221kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (655kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yaitu penelitian yang menghasilkan sebuah produk pembelajaran. Pruduk tersebut diharapkan menjadi solusi terhadap Problem-problem yang mendasari penelitian ini. Adapun problem yang mendasari penelitian penelitian ini adalah Terdapatnya banyak problem dalam proses pengajaran di Fakultas Adab, Terutama pembelajaran ilmu nahwu. Diantara problem yang menonjol adalah kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam hal gramatikal arab ( Ilmu Nahwu ), padahal mereka sudah mempelajari hal itu di dalam kelas, hal ini disebabkan kekurang kreatifan mahasiswa dalam menyusun atau menganalisis gramatika yang ada dalam teks arab, padahal mereka paham mata kuliah yang telah mereka dapatkan di kelas, akan tetapi ketika mendapati fenomena baru, mereka seakan buntu untuk mengetahui jawabanya. Untuk mengatasi problem tersebut, penulis mendesain sebuah bahan ajar yang berperspektif teori transformatif generatif grammar, teori ini beasaskan kreatifitas dalam bahasa, sehingga mahasiswa dengan mudah mengolah dari kalimat satu ke kalimat berikutnya. Disamping itu, teori ini berfokus kepada pengajaran bahasa yang sifatnya kognitif, artinya objek utama dalam pembelajaran adalah otak mahasiswa agar supaya kreatif dan tidak tergantung pada fenomena yang pernah diterimanya atau didengarnya. Atas dasar itulah penulis melakukan penelitian dengan metode penelitian dan pengembangan ( R & D) dengan pendekatan kuantitatif dengan tujuan untuk menghasilkan sebuah bahan ajar dan sekaligus diujicobakan keefektifanya. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes, angket dan wawancara. Setelah penulis mendesign bahan ajar, melakukan uji coba, maka dihasilkan kesimpulan : 1) Bahan Ajar ilmu nahwu perspekrif teori transformatif generatif grammar yang disusun oleh penulis mendapatkan penilaian 85,3 % , artinya bahan ajar tersebut layak digunakan dalam pembelajaran. 2) Bahan Ajar tersebut efektif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam ilmu nahwu, hal tersebut didasari oleh peningkata rata2 yang drastis dari mahasiswa dalam pretes dan postes, yaitu peningkatan 19,3 % dari prosentase nilai pretes 55,16 % dan postes 70 %. hal ini diperkuat dengan hasil analisis angket dan wawancara yang memiliki kesimpulan yang sama dengan analisis tes
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Nasaruddin | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bahasa Arab Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi Bahasa Arab > Tata Bahasa |
||||||
Keywords: | Bahan Ajar; Pembelajaran Nahwu; Transformatif Generatif; Grammar; | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2016 05:51 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2016 05:51 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4000 |
Actions (login required)
View Item |