This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Choiriyah, Siti (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIQIH MELALUI METODE ACTION LEARNING PADA SISWA KELAS I MI KHOIRUL RIDWAN SEMAMPIR SURABAYA. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (716kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (308kB) | Preview |
Abstract
Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reaserch). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana penggunaan metode Action Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat kita ketahui dari meningkatnya keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar, baik keaktifan bertanya, menjawab pertanyaan, mengemukakan pendapat, maupun dalam mengerjakan soal latihan.
Penelitian ini adalah tindakan kelas yang dilaksanakan di MI Khoirul Ridwan Semampir Surabaya Tahun Pelajaran 2014/2015 berjumlah 20 siswa, dilakukan dalam 3 (tiga) siklus , dengan materi pembelajaran fiqih meliputi tata cara shalat berjamaah, cara memberitahu imam yang salah, keutamaan shalat berjamaah. Teknik pelaksanaan diawali dari pengumpulan data yang meliputi dokumentasi, tes (pretes dan post tes) dan pengamatan serta dianalisa secara deskriptif dan kualitatif. Tindakan dilanjutkan dengan pelaksanaan tiga siklus/tahap. Setiap tindakan terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan bersama seorang rekan kerja yang membantu pelaksanaan penelitian. Keberhasilan penelitian ditentukan oleh kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 7,0 yang diperoleh 75% dari 20 siswa atau 12 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa dalam mata pelajaran Fiqih keaktifan siswa meningkat dari 41,25% pada siklus I, menjadi 58,75% pada siklus II, serta 83,62% pada siklus III. Hasil belajar siswa juga meningkat dari 40% pada siklus I, menjadi 60% pada siklus II, serta 85% pada siklus III, maka penerapan metode Action Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Fiqih pada kelas I MI Khoirul Ridwan Semampir Surabaya Tahun Pelajaran 2014/2015
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Sutikno | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pengajaran |
||||||
Keywords: | Prestasi Belajar Fiqih; Metode Action Learning | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Users 18 not found. | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2016 04:59 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2016 04:59 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4002 |
Actions (login required)
View Item |