This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hadi, Nurul (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI FIKIH TENTANG TATACARA WUDU MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS 1 MI. AL HUDA KARDULUK TAHUN AJARAN 2014-2015. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (9MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (201kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan pengamatan selama ini, banyak kelemahan dalam pembelajaran fiqih dalam hal ini berwudhu lebih disebabkan karena faktor guru, yaitu para guru kurang mampu mengembangkan ketrampilan megajar yang dapat menarik peserta didik untuk belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode demonstrasi untuk pembelajaran fiqih tentang tata cara wudhu pada peserta didik Kelas 1 MI Al Huda Karduluk Pragaan Sumenep.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar fiqih tentang tata cara berwudhu serta untuk mengetahui seberapa besar peningkatan Prestasi belajar siswa yang telah diajar dengan metode demonstrasi
Penelitian ini mengambil setting di MI Al Huda Karduluk Pragaan Sumenep yang melibatkan 20 siswa kelas 1. Peneliti menggunakan 3 langkah pada penelitian ini : Pre Siklus, Siklus 1, dan siklus 2. Selain itu peneliti mengumpulkan data dengan observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan perhitungan kualitatif dan kuantitatif untuk menemukan hasilnya. Analisis datamenunjukan adanya perubahan sikap pada setiap langkah.
Data menunjukan siswa kelas 1 MI Al Huda Karduluk Pragaan Sumenep mengalami peningkatan prestasi belajar sebanyak 7,55 setelah diajar dengan menggunakan metode demonstrasi. Rata-ratanya mencapai 77,35. Pada siklus dua, rata-rata kelasnya mencapai 85,1. Itu berarti telah terjadi peningkatan sebanyak 7,65. Selain itu, perubahan sikap juga tampak setelah mereka diajar dengan metode demonstrasi. Mereka menjadi lebih tertarik untuk mengikuti pelajaran berwudhu. Berdasarkan data tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa mengajar fiqih tentang tata cara berwudhu sangat berguna unuk meningkatkan prestasi belajar
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Sutikno | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pengajaran |
||||||
Keywords: | Prestasi belajar; Metode demonstrasi | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Users 18 not found. | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2016 05:18 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2016 05:18 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4006 |
Actions (login required)
View Item |