This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Jannah, Miftakul (2015) IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIRI SISWA KELAS X MIA-1 (MATEMATIKA ILMU ALAM) SMA AL-ISLAM KRIAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
COVER.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Setiap orang ingin dirinya sukses, sukses dalam belajar, bergaul, berkarir, berkeluarga, dan sukses dunia akhirat. Langkah awal kesuksesan adalah mengenal diri, mempelajari kualitas diri. Tahu diri dan mengenal diri mengantarkan kepada tahap-tahap hidup yang berkualitas. Tidak saja dalam bergaul dan berinteraksi dengan orang lain, tetapi juga untuk mengarahkan dan mengembangkan diri, membuat perencanaan pendidikan dan karir, memecahkan permasalahan pribadi dan sosial secara realistis, beradaptasi dengan perubahan-perubahan dalam kehidupan, untuk dapat saling menerima dan menghargai orang lain. Salah satu media yang di anggap tepat dalam meningkatkan pemahaman diri siswa dalam bimbingan konseling adalah layanan bimbingan kelompok.
Di SMA Al-Islam, banyak siswa yang pemahaman dirinya rendah meskipun sudah di fasilitasi dengan bimbingan konseling. Berpijak dari latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan sebuah penelitian dengan judul Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Pemahaman Diri Siswa Kelas X MIA-1 SMA Al-Islam Krian.
Maka penulis dapat memfokuskan penelitian yang akan di kaji dalam penelitian ini, antara lain (1) bagaimana layanan bimbingan kelompok di SMA Al-Islam Krian?, (2) bagaimana pemahaman diri siswa kelas X MIA-1 SMA Al-Islam Krian?, (3) bagaimana implementasi layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan pemahamn diri siswa kelas X MIA-1 SMA Al-Islam Krian?.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, interview, dokumentasi. Selanjutnya, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan data yang di temukan di lapangan, sehingga menggambarkan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pemahaman diri siswa kelas X MIA-1 mengalami peningkatan setelah mendapat layanan bimbingan kelompok pada tiga indikator yang terlihat dari hasil angket yang di sebar oleh peneliti yaitu percaya diri, berfikir positif dan memiliki kebiasaan yang efektif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Hanun Asrohah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bimbingan Belajar Matematika |
||||||
Keywords: | Layanan Bimbingan Kelompok; Pemahaman Diri Siswa; | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Mr. Suprapto Suprapto | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2016 07:15 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2016 07:15 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4011 |
Actions (login required)
View Item |