UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS XI MIPA4 MELALUI METODE QUANTUM LEARNING DI SMA AL-ISLAM KRIAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maryani, Erliana Harurita (2015) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS XI MIPA4 MELALUI METODE QUANTUM LEARNING DI SMA AL-ISLAM KRIAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti adalah: 1) Bagaimana kesulitan belajar yang dialami siswa XI MIPA 4 pada pelajaran Fisika di SMA Al-Islam Krian Siodarjo? 2) Bagaimana upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar Fisika pada siswa XI MIPA 4 di SMA Al-Islam Krian Sidoarjo? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar Fisika pada siswa XI MIPA 4 di SMA Al-Islam Krian Sidoarjo?
Berkenaan dengan itu, maka jenis penelitian ini menggunakan kualitatif yang bersifat deskriptif. Terkait dengan penelitian ini yang dijadikan sumber informasi adalah guru BK, wali kelas, guru mata pelajaran Fisika, dan siswa yang mengalami kesulitan belajar. Pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu, menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Pengolahan data menggunakan cara triangulasi data.
Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa; 1) Kesulitan yang dialami siswa XI MIPA 4 pada mata pelajaran Fisikadikarenakan banyaknya rumus pada pelajaran Fisika sehingga sebagian besar kesulitan dalam menghafal rumus. Prestasi yang didapatkan pun pada mata pelajaran Fisika rata-rata berada di bawah ketuntasan minimal. 2) Upaya guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi kesulitan belajar pelajaran Fisika dengan metode Quantum Learningdenganmemberikan kiat-kiat belajar seperti, menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar, membaca dengan melihat garis besarnya, membuat coretan intisari dari bahan pelajaran, berlatih teknik kemampuan ingatan, serta menyesuaikan ketika belajar dengan gaya belajar sendiri. Selain itu, guru bimbingan dan konseling juga memberikan startegi padamasalah mengingat rumus antara lain; menggunakan highlighting, menyuruh untuk berlatih mengulang dan mengingat, memberikan pengajaran remedial, meningkatkan motivasi belajar, meningkatkan keterampilan belajar dengan belajar kelompok, dan mengembangkan sikap belajarnya. 3) Faktor pendukung dari pemberian upaya tersebut dari wali kelas, guru mata pelajaran Fisika, tata tertib, maupun metode quantum learning.Faktor penghambat dari pemberian upaya tersebut pada kurangnya keterbukaan siswa, lingkungan keluarga kurang kondusif, kurikulum, dan kelemahan metode quantum learning

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Imam Bawani
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maryani, Erliana HaruritaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Quantum Learning; Fisika; Kesulitan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2016 07:49
Last Modified: 26 Jan 2016 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4030

Actions (login required)

View Item View Item