This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fithriyah, Arih Faridatul (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MELALUI MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS I MI MIFTAHUL ULUM SIDOWUNGU - MENGANTI- GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (583kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (446kB) | Preview |
Abstract
Dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas I MI Miftahul Ulum Sidowungu - Menganti - Gresik menunjukkan hasil belajar siswa yang belum maksimal, hal ini dapat dilihat dalam pencapain ketuntasan belajar yang diperoleh 50 % dari 42 siswa dalam pembelajaran Al- Qur’an Hadits khususnya pada materi hadits tentang kebersihan, siswa cenderung pasif dan tidak semangat dalam kegiatan belajar mengajar, dikarenakan guru jarang menggunakan media atau metode dalam pembelajaran. adapun cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan melalui media puzzle. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan Media Puzzle dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran al-qur’an hadits di MI Miftahul Ulum Sidowungu-Menganti-Gresik ? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas I MI Miftahul Ulum setelah menggunakan MediaPuzzle? Tujuan dari penelitian sesuai dengan rumusan masalah diatas melalui media puzzle diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas I MI Miftahul Ulum Sidowungu-Menganti-Gresik.
Model Penelitian ini yaitu model kemmis & mc taggart terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan/pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas I MI Miftahul Ulum Sidowungu-Menganti-Gresik tahun pelajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 42 terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 29 siswa perempuan. Variabel penelitian berlangsung sebanyak 2 siklus.
Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut : 1) Bahwa dalam penerapan media puzzle terdapat peningkatan disetiap siklusnya, ini bisa dibuktikan dari kegiatan aktivitas guru pada siklus I mendapatkan nilai 84. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan nilai 74. Pada Siklus II ini aktivitas guru mengalami peningkatan nilai dari 84 menjadi 93. Sedangkan pada aktivitas siswa siklus II juga mengalami peningkatan nilai dari 74 menjadi 92. 2) Bahwa ada peningkatan hasil belajar al-qur’an hadits setelah menggunakan media puzzle disetiap siklusnya, ini bisa dibuktikan dari 21 siswa yang tuntas menjadi 28 siswa yang tuntas pada siklus I. Pada siklus I prosentase hasil belajar mengalami peningkatan 16,6% dari 50% menjadi 66,6% (kategori cukup). Dengan adanya kekurangan pada siklus I, peneliti melakukan perbaikan-perbaikan yang diterapkan pada siklus II. Pada siklus II prosentase hasil belajar juga mengalami peningkatan 19,1% dari 66,6% menjadi 85,7% (kategori baik). Hal ini ditunjukkkan dengan meningkatnya jumlah siswa dari 28 siswa menjadi 36 siswa yang tuntas, sehingga pada siklus II dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator kinerja.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Munawir | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar | ||||||
Keywords: | Puzzle; Hadits; Kebersihan; Hasil Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2016 01:51 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2016 01:51 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4048 |
Actions (login required)
View Item |