HUBUNGAN LATAR BELAKANG KELUARGA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MTs. WACHID HASYIM SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustiana, Siti Lulus (2015) HUBUNGAN LATAR BELAKANG KELUARGA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MTs. WACHID HASYIM SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan metode terbaik dalam mengatasi dan memperbaiki masalah moral terutama di kalangan remaja. Agar pendidikan karakter dapat diterapkan dengan baik, hendaknya didukung oleh semua fihak, tidak hanya guru dituntut sepenuhnya, tetapi peran orang tua sangat penting. Keluarga merupakan batu bata pertama bagi pembinaan setiap masyarakat. Keluaga adalah langkah pertama untuk membina seseorang. Orang tua merupakan pendidik utama dan pertama bagi anak-anak mereka, karena dari merekalah anak mula-mula menerima pendidikan. Dengan demikian bentuk pertama dari pendidikan terdapat dalam kehidupan keluarga. Di sini dapat digambarkan bahwa peran keluarga terutama orang tua merupakan cermin dan sikap bagi anak-anaknya. Keteladanan orang tua dalam berperilaku akan menjadi contoh nyata bagi pembelajaran si anak. Teladan ini akan melahirkan gejala identifikasi positif, yakni penyamaan diri dengan orang yang ditiru. Hal ini penting sekali dalam rangka pembentukan kepribadian.
Dari latar belakang di atas, muncul rumusan masalah yang dapat diangkat: pertama bagaimana latar belakang keluarga siswa di MTs. Wachid Hasyim Surabaya, kedua bagaimana karakter siswa di MTs. Wachid Hasyim Surabaya, ketiga bagaimana hubungan latar belakang keluarga terhadap pembentukan karakter siswa di MTs. Wachid Hasyim Surabaya.
Setelah penulis menganalisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa:pertama latar belakang keluarga siswa di MTs. Wachid Hasyim Surabaya adalah cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa hasil prosentase tentang latar belakang keluarga siswa di MTs. Wachid Hasyim Surabaya adalah 53,27% yang hal ini jika dicocokkan dengan standart prosentase pada rentang 56%-75% yang tergolong cukup, kedua karakter siswa di MTs.Wachid Hasyim Surabaya adalah kurang baik. Hal ini dibuktikan denagan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa hasil prosentase tentang karakter siswa di MTs. Wachid Hasyim Surabaya adalah 45,71%, yang hal ini jika dicocokkan dengan standart prosentase pada rentang 40%-55% yang tergolong kurang baik. ketiga berdasarkan analisis data, menunjukkan adanya hubungan latar belakang keluarga terhadap pembentukan karakter siswa di MTs. Wachid Hasyim Surabaya. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan dengan rumus "r" product moment yaitu 0,606 dari taraf signifikan 5% dengan angka 0,235 maupun dalam taraf signifikan 1% dengan angka 0,306 pada jumlah responden (N) 70.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abd. Kadir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustiana, Siti LulusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Keluarga; Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2016 02:23
Last Modified: 27 Jan 2016 02:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4051

Actions (login required)

View Item View Item