This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Halifah, Halifah (2015) ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN PADA BUTIK MOSHAICT SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (583kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (227kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan dengan judul Analisis Etika Bisnis Islam dalam Komunikasi Pemasaran pada Butik Moshaict Surabaya, penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan: 1) Bagaimana implementasi etika bisnis Islam dalam komunikasi pemasaran pada butik moshaict Surabaya, 2) Bagaimana analisis etika bisnis Islam dalam komunikasi pemasaran pada butik moshaict Surabaya.
Data yang diperoleh melalui dua sumber yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Data primer diperoleh dengan wawancara langsung dengan pihak butik moshaict Surabaya. Sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber lain yang berkaitan dengan penelitian, data ini diperoleh dari buku maupun sumber lainnya. Selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan metode kualitatif dengan teknik deskriptif analisis.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh bahwa penerapan etika bisnis Islam dalam komunikasi pemasaran butik moshaict Surabaya yaitu aspek s}>hiddi>q diterapkan pada indikator iklan yang menginformasikan apa adanya, tidak menjebak dan menepati apa yang telah di iklankan serta menyampaikan kualitas produk sesuai dengan faktanya. Untuk aspek f}ata>nah diterapkan pada indikator promosi penjualan karena dengan kecerdasan dan kreatifitas dalam mengemas diskon, poin maupun hadiah dapat menarik minat pelanggan. Kemudian aspek tabli>gh, istiqa>mah dan ama>nah diterapkan pada indikator direct marketing (pemasaran langsung) dan indikator personal selling (penjualan langsung) sehingga ketika bertatap muka dengan pelanggan mampu mengkomunikasikan informasi produk dengan baik dan senantiasa konsisten menginformasikan dengan mengedepankan nilai kejujuran serta menjaga dan bertanggungjawab terhadap hak pelanggan. Untuk indikator hubungan masyarakat, acara dan pengalam khusus dilakukan moshaict untuk mempererat silaturahmi dengan pelanggan sekaligus mempromosikan produk terbaru. Sedangkan indikator word of mouth dilakukan oleh pelanggan yang merasa puas dengan produk moshaict dan hijabee Surabaya.
Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka kepada pihak butik moshaict Surabaya disarankan: Pertama, tetap mempertahankan penerapan etika bisnis Islam yang telah dilakukan dalam komunikasi pemasaran. Kedua, senantiasa meningkatkan dan mengevaluasi pelaksanaan etika bisnis Islam dalam aktivitas komunikasi pemasaran agar terhindar timbulnya masalah karena kurang optimalnya penerapan etika bisnis Islam dalam komunikasi pemasaran.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | M. Arif | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Ekonomi Islam Jual Beli Komunikasi Islam > Komunikasi |
||||||
Keywords: | Etika Bisnis Islam; Komunikasi Pemasaran; Butik Moshaict Surabaya | ||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||
Depositing User: | Mr. Supriyatno Hary | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2016 08:24 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2016 08:24 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4113 |
Actions (login required)
View Item |