This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wulansari, Septianti (2020) Kemampuan penalaran ilmiah siswa dalam memecahkan masalah Matematika dibedakan berdasarkan gaya belajar Felder-Silverman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Septianti Wulansari_D74214068.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan penalaran ilmiah merupakan kemampuan penalaran yang melibatkan kegiatan ilmiah dalam menarik kesimpulan berdasarkan bukti-bukti yang ada, dimana bukti-bukti dikumpulkan dan dianalisis melalui kegiatan ilmiah. Kemampuan penalaran ilmiah dikaji berdasarkan aspek-aspek penalaran ilmiah yang meliputi argumentasi, pengetahuan, metodologi, analisis, dan kesimpulan. Kemampuan penalaran ilmiah setiap siswa berbeda-beda, salah satu yang mempengaruhi yaitu tipe gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran ilmiah siswa dalam memecahkan masalah matematika dibedakan berdasarkan gaya belajar sensing-active, sensing-reflective, intuitive-active, dan intuitive-reflective. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang diambil dari kelas VIII-D di SMPN 22 Surabaya yang terdiri dari 1 siswa bergaya belajar sensing-active, 1 siswa bergaya belajar sensing-reflective, 1 siswa bergaya belajar intuitive-active, dan 1 siswa bergaya belajar intuitive-reflective. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil tes tertulis siswa dianalisis berdasarkan indikator kemampuan penalaran ilmiah dan diperkuat dengan hasil wawancara siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Siswa yang memiliki gaya belajar sensing-active memiliki kemampuan penalaran ilmiah sedang; 2) Siswa yang memiliki gaya belajar sensing-reflective memiliki kemampuan penalaran ilmiah sedang; 3) Siswa yang memiliki gaya belajar intuitive-active memiliki kemampuan penalaran ilmiah tinggi; 4) Siswa yang memiliki gaya belajar intuitive-reflective memiliki kemampuan penalaran ilmiah sedang.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Belajar Matematika |
||||||||||||
Keywords: | Matematika; Kemampuan penalaran ilmiah; Gaya belajar Felder-Silverman | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Septianti Wulansari | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2020 06:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2020 06:36 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41813 |
Actions (login required)
View Item |